Oleh Rihad pada hari Senin, 18 Okt 2021 - 08:09:06 WIB
Bagikan Berita ini :

KOI Minta LADI Bertanggung Jawab Terkait Bendera Tidak Berkibar Saat Indonesia Raih Piala Thomas

tscom_news_photo_1634519346.jpeg
Jonathan Christie (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Indonesia berhasil menjuarai Piala Thomas 2020 usai mengalahkan China pada final yang dihelat di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10).

Namun, bendera Merah Putih dilarang berkibar di panggung juara. Hal ini terjadi karena adanya hukuman dari badan doping dunia.

Ini adalah imbas dari hukuman World Anti-Doping Agency (WADA) yang dijatuhkan kepada Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) pada Jumat (8/10) silam. LADI dinilai tidak patuh dalam melaksanakan pengujian doping yang efektif kepada tiap atlet di seluruh cabang olahraga.

Ketua Komite Olahraga Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari menyayangkan sanksi ini.

“Saya sebagai Ketua Komite Olimpiade Indonesia bangga dengan penampilan Tim Thomas kita, tetapi juga sekaligus sangat kecewa dan sedih karena seremoni medali dengan bendera PBSI," katanya dalam keterangan resmi pada Minggu (17/10) malam.

"Bayangkan, 19 tahun Indonesia mendambakan membawa pulang Piala Thomas ke Tanah Air, tetapi saat juara justru bendera Merah Putih tidak bisa ditampilkan. Saya bersyukur Indonesia Raya masih dapat berkumandang,” lanjut Okto.

Bukan cuma itu sebenarnya dampak buat Indonesia. Akibat lainnya, Indonesia tidak diizinkan menjadi tuan rumah olahraga kelas regional, kontinental, hingga dunia selama satu tahun sejak diberlakukannya sanksi, serta hak-hak eksklusif lainnya.

“Sanksi yang diberlakukan untuk Indonesia memang di luar ranah kerja NOC Indonesia. Untuk itu, saya meminta LADI agar segera dapat memenuhi tanggung jawabnya yang mungkin masih tertunda kepada WADA sembari melakukan pendekatan agar Indonesia bisa segera terbebas dari sanksi,” ujar Okto.

“Saya berharap LADI bisa menyelesaikan masalah ini secepatnya, sehingga dapat segera terbebas dari sanksi doping yang merugikan Indonesia di ajang Internasional,” tandasnya.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement