Berita
Oleh Bachtiar pada hari Jumat, 05 Agu 2022 - 22:06:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Agendakan Panggil Mendag Zulhas, Darmadi Durianto: Komisi VI Tidak Fokus pada Aksi Bagi-bagi Minyak Goreng, Tapi Fokus Road Map Kemendag

tscom_news_photo_1659711979.jpg
Darmadi Durianto Politikus PDI-P (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi VI DPR RI, Darmadi Durianto menegaskan, Komisi 6 akan memanggil Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dalam kerangka mempertanyakan Road Map, Strategi dan cetak biru Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam dua tahun ke depan.

Darmadi juga menepis bahwa agenda pemanggilan Mendag Zulhas hanya terkait aksi bagi-bagi minyak goreng yang dilakukan dengan putrinya beberapa waktu lalu.

"Mendag dipanggil bukan soal pembagian minyak goreng sama anaknya kemarin itu. Terlalu kecil jika DPR panggil karena hanya hal itu. Tapi kita mau tahu apa langkah ke depan untuk 2 tahun yang tersisa. Kita akan fokus mempertanyakan soal roadmap yang dibuat Mendag. Apakah hanya meneruskan yang lama atau ada perubahan roadmap," ungkap Politikus PDIP itu kepada wartawan, Jumat malam (05/08/2022).

Pasalnya Darmadi menegaskan, hingga saat ini Mendag Zulhas belum bisa diukur kinerjanya berdasarkan sistem.

"Karena kita tidak lihat sistem apa yang dia tawarkan semenjak dilantik jadi Mendag. Jangan sampai jadi menteri tidak punya strategic planning (strategi perencanaan) yang akan datang. Karena sampai sekarang kebanyakan hanya Program Oriented," sindir Bendahara Megawati Institute itu.

Darmadi juga menekankan agar Zulhas sebagai Mendag yang diharapkan mampu membawa perubahan harus bisa membuktikan bahwa dia mempunyai kompetensi di bidang perdagangan.

"Bicara perdagangan bukan hanya dalam negeri tapi juga perdagangan luar negeri dan bagaimana mengatasi munculnya liberal society di dunia. Tentu ini membutuhkan kapasitas pengetahuan yang kuat, mumpuni dan dalam," tegasnya.

Sekali lagi, kata dia, komisi VI DPR belum melihat secara konkret langkah Mendag Zulhas menahkodai kemendag dalam menangkap peluang termasuk menyelesaikan berbagai problem perdagangan antar kawasan bahkan global (ekspor-impor) baik komoditas maupun lainnya.

"Sampai saat ini Pak Menteri kelihatannya hanya bermain di gimmick marketing. Belum ada nampak perencanaan strategis ke depan," sindirnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Sarmuji mengungkapkan, bahwa pihaknya berencana memanggil Mendag Zulhas.

Hanya saja, lanjut Politikus Golkar itu mengatakan, pemanggilan Zulhas tak hanya fokus mengurusi polemik Zulhas membagikan minyak goreng dengan mengkampanyekan anak kesayangannya.

"Komisi VI DPR memang akan mengagendakan memanggil Mendag tapi tidak secara khusus karena acara tersebut," kata Sarmuji kepada wartawan, Rabu (13/7/2022).

tag: #kemendag  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...