DaiParlemen
Oleh Drs. H. Irgan Chairul Mahfiz, M.Si (Anggota Komisi IX DPR RI Dapil Banten III) pada hari Minggu, 21 Jun 2015 - 11:41:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Puasa Ramadhan Menyehatkan Jasmani dan Rohani

8medium_74irgan.jpg
Drs. H. Irgan Chairul Mahfiz, M.Si Anggota Komisi IX DPR RI Dapil Banten III (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

(TEROPONGSENAYAN)-Puasa ramadhan adalah puasa dengan hukum wajib 'ain bagi setiap orang islam beriman yang telah dewasa (akil balig), waras, mampu, merdeka dan tidak dalam safar sesuai dengan perintah langsung dari Allah SWT dalam Al Qur’an surah Al-Baqarah: 183:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa".

Selama satu bulan penuh umat muslim melaksanakan aktifitas ritual untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Di samping itu juga terdapat banyak sekali guna dan manfaat dari melaksanakan puasa ramadhan baik untuk jasmani maupun rohani.

Ditinjau dari aspek kesehatan sesuai dengan hadits riwayat Thabrani menjelaskan bahwa, "Shumu Tashihhu yang artinya puasalah niscaya kamu akan sehat".

Kutipan hadist tersebut dibuktikan dengan hasil-hasil penelitian bahwa dengan berpuasa akan menyehatkan jasmani dan rohani diantaranya : meningkatkan daya tahan tubuh karena meningkatnya sel darah putih, terjadi detoksifikasi racun, menyembuhkan penyakit diabetes ringan, menurunkan berat badan, dan masih banyak manfaat fisik lainnya.

Selain kesehatan jasmani, puasa juga meningkatkan kesehatan rohani, karena membiasakan kita untuk berfikir positif, menjaga ucapan, sikap dan perilaku yang tercela.

Hal ini sejalan dengan pengertian dari kata shaum atau syiam. Menurut bahasa Arab, syiam diartikan sebagai menahan diri, menjaga, dan mengekang. Sudah jelas kiranya esensi terpenting dalam melakukan ibadah puasa terletak pada pendidikan jiwa kita agar setelah lewat bulan puasa hati kita bersih, dan mampu mengendalikan nafsu.

Berbagai penelitian membuktikan bahwa puasa dapat meningkatkan kekebalan atau immunitas tubuh terhadap berbagai penyakit. Menurut penelitian Universitas Osaka Jepang setelah memasuki hari ketujuh puasa, jumlah sel limposit meningkat tajam sehingga antibodi setiap orang berpuasa semakin maksimal, untuk meredam penyakit infeksi.

Penelitian dr.Ahmad al Qadhi dan dari Riyadh al Bibaby cs di Amerika terhadap sejumlah orang berpuasa di Amerika dijumpai peningkatan sel limposit sepuluh kali lipat yang berperan melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit.

Melaksanakan puasa ramadhan tidak sekedar mengugurkan kewajiban sebagai seorang muslim, akan tetapi banyak manfaat dan kebaikan yang dapat diperoleh bagi yang melaksanakan ibadah puasa ramadhan secara benar.

Semoga dengan memahami manfaat puasa ramadhan kita dapat melaksanakan ibadah puasa dengan penuh keyakinan bahwa setiap perintah Allah itu menyimpan kebaikan untuk kemuliaan manusia.(*)

tag: #irgan chairul mahfiz  #puasa  #dai parlemen  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
DaiParlemen Lainnya
DaiParlemen

Idul Fitri dan Cinta Kasih Semesta

Oleh Maman Imanulhaq (Anggota Komisi VIII DPR Fraksi PKB)
pada hari Jumat, 17 Jul 2015
(TEROPONGSENAYAN) - Idul Fitri menebarkan pesan sosial yang kental bagi umat Islam, juga bagi umat manusia secara keseluruhan. Dalam momen Idul Fitri, umat Islam saling bersilaturahmi dan saling ...
DaiParlemen

Pergeseran Makna Mudik

(TEROPONGSENAYAN) - Setiap Hari Raya Idul Fitri tiba, sebagian besar masyarakat Indonesia melakukan tradisi mudik. Di dalam mudik, seseorang mencoba meluangkan waktu beberapa saat untuk kembali ke ...