Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 28 Sep 2020 - 18:43:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Kokohkan Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa dengan Memahami Sejarah Dengan Benar

tscom_news_photo_1601293427.jpg
Jazuli Juwaini Ketua Fraksi PKS (Sumber foto : Dokumen)

SERANG (TEROPONGSENAYAN) --Anggota MPR RI Jazuli Juwaini menekankan pentingnya setiap warga negara mempelajari dan memahami sejarah bangsa agar dapat mengambil pelajaran dalam mengokohkan nasionalisme Indonesia di setiap kesempatan. Hal itu disampaikan Jazuli saat melakukan sosialisasi 4 Pilar MPRRI di Kantor DPD PKS Kota Serang Banten (Sabtu, 26/9).

"Jangan sekali-kali melupakan sejarah begitu kata Bung Karno. Setiap negara punya sejarahnya sendiri. Termasuk Pancasila sebagai dasar negara dan UUD 1945 sebagai konstitusi ada sejarah pembentukannya, kenapa rumusannya demikian, bahkan ada sejarah upaya menggantinya seperti yang ingin dilakukan PKI namun selalu gagal," ungkap Jazuli.

Pancasila dan UUD 1945 disusun oleh tokoh-tokoh bangsa yang luar biasa, yang mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongannya, sehingga Pancasila dan UUD 1945 menjadi kesepakatan bersama atau kalimatun sawa" dalam membangun bangsa merdeka.

"Luar biasanya Pancasila karena di situ menggambarkan kebesaran pikiran dan kelapangan hati para pemimpin, kaum nasionalis, dan ulama pejuang. Dari kalangan ulama ada KH Wahid Hasyim, Ki Bagus Hadikusumo, Kasman Singodimedjo, Abdul Kahar Muzakkir, dll sehingga lahirnya sila utama Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa dan sila-sila lain yang sungguh mulia dan tepat rumusannya," ungkap Jazuli.

Sejarah pula yang mengajarkan kita bahwa upaya mempertahankan kesepakatan mulia itu tidak mudah, lanjut Jazuli. Ada upaya-upaya merongrong dan mengganti Pancasila seperti yang pernah dilakukan oleh PKI di tahun 1948 dan 1965. Maka setiap tanggal 1 Oktober kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

"Jadi pemahaman sejarah ini penting untuk mengokohkan nasionalisme Indonesia dan memperkuat jati diri bangsa," pungkas Jazuli.

tag: #jazuli  #pks  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement