Oleh Sahlan Ake pada hari Minggu, 19 Sep 2021 - 19:17:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Kongkrit, Jazuli Juwaini Luncurkan 6 Ambulance Gratis dan Beragam Program Layanan Rakyat di Banten

tscom_news_photo_1632053823.jpg
Jazuli Juwaini Ketua Fraksi PKS (Sumber foto : Istimewa)

SERANG (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR RI yang juga Anggota DPR dari Dapil Banten II (Kota/Kab Serang dan Kota Cilegon) meresmikan program layanan PKS untuk rakyat di wilayah Banten bersama Struktur DPW dan DPD PKS di Kota Serang, Minggu 19 September 2021.

Jazuli mendonasikan penghasilannya sebagai Anggota DPR untuk penyediaan 6 unit ambulance plus layanan kesehatan gratis lengkap dengan dokter dan perawat. Menurut Jazuli sejak pertama kali terpilih menjadi Anggota DPR tahun 2004 dirinya telah menetapkan empat program unggulan untuk melayani rakyat di daerah pemilihan. Pertama, layanan kesehatan. Kedua, pengembangan UMKM. Ketiga, akses dan kualitas pendidikan. Dan keempat, kemandirian pangan, petani, dan nelayan.

“Empat program layanan rakyat tersebut telah berjalan sejak pertama kali saya menjadi anggota DPR tahun 2004 hingga saat ini meski berpindah-pindah daerah pemilihan. Untuk di Banten II kami siagakan 6 mobil ambulance gratis yang di masa pandemi ini sudah tak terhitung berapa kali hilir mudik membantu pasien covid. Selain itu, yang standby atas nama yayasan lebih banyak lagi. Total ada 15 ambulance,” ungkap Jazuli.

Untuk melengkapi layanan kesehatan, selain menyediakan ambulance, Jazuli bersama tim rumah aspirasinya rutin menyelenggarakan pengobatan gratis lengkap dengan dokter, paramedis, dan obat-obatan. Selain itu, timnya juga melayani fogging gratis untuk demam berdarah dan layanan disinfektan gratis. “Semuanya bisa diakses oleh masyarakat dengan menghubungi tim aspirasi atau struktur PKS setempat baik level DPRa maupun DPC,” terang Jazuli.

Pengembangan UMKM

Program pelayanan kepada rakyat kedua yang dilakukan Jazuli Juwaini adalah pengembangan UMKM dengan mendirikan Koperasi dan Paguyuban Usaha Bersama Sejahtera. Melalui paguyuban ini Jazuli bersama timnya menghimpun usaha kecil berbasis rumah tangga untuk diberikan pendampingan, pembinaan, pelatihan, hingga permodalan. Seperti hari ini secara langsung Jazuli memberikan bantuan modal untuk penjual nasi uduk di Kota Serang.

“Alhamdulillah, sudah ratusan usaha kecil yang mendapatkan manfaat dari program ini. Mereka kita himpun, kita berikan pelatihan, beberapa kali kita ikutkan dalam berbagai seminar kewirausahaan, dan tidak lupa kita berikan modal bergulir dan bantuan akses permodalan kepada lembaga-lembaga pemerintah,” terang Jazuli.

Prinsipnya, kata Jazuli, kita ingin masyarakat memiliki kemampuan ekonomi, berdikari atau berdiri di atas kaki sendiri, dan alhamdulillah jika sukses dan mambantu orang lain serta mendukung kemandirian nasional.

“Siapapun bisa bergabung dalam paguyuban ini. Semakin banyak masyarakat yang tersentuh dan bergabung semakin bagus. Silakan menghubungi struktur PKS atau tim aspirasi saya,” tandas Jazuli.

Advokasi Akses dan Kualitas Pendidikan

Program ketiga yang digulirkan Jazuli Juwaini di daerah pemilihannya adalah fokus pada pengembangan kualitas sumber daya manusia melalui advokasi pendidikan mulai pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Menurutnya, Banten ini kota santri, banyak pesantren dan lembaga pendidikan, namun akses dan kualitasnya harus terus ditingkatkan agar mampu mencetak SDM pembangunan yang berkualitas. Untuk itu, Jazuli secara khusus mengagendakan webinar, pelatihan, dan pengembangan SDM secara regular berkolaborasi dengan kampus dan pakar-pakar di daeah dan nasional.

“Melalui kewenangan konstitusional sebagai Anggota DPR sudah ribuan program bantuan beasiswa, rehab, bantuan operasional untuk pelajar hingga mahasiswa dan lembaga pendidikan yang tersalurkan ke dapil. Kita juga mengadvokasi pemasangan tower-tower internet di wilayah blank spot agar aksesibilitas internet semakin luas untuk kebutuhan peningkatan kualitas SDM di era digital,” ungkap Jazuli.

*Advokasi Kemandirian Pangan, Petani dan Nelayan*

Anggota Komisi I DPR ini juga rajin mengadvokasi kelompok tani bahkan menjadi pembina puluhan kelompok tani di Banten. Ratusan alat mesin pertanian melalui kemiteraan dengan kementerian terkait telah didistribusikan kepada puluhan gapoktan dengan tujuan agar meningkatkan proses dan hasil pertanian menuju kemandirian dan kedaulatan pangan.

“Sejumlah gapoktan mendapatkan akses benih, pupuk, hingga binatang ternak sapi, kerbau, dan kambing. Semua kita tujukan untuk peningkatan kesejahteraan petani. Agar para petani bangga sebagai petani karena produksi pertanian bisa diandalkan sebagai mata pencaharian. Dengan demikian, petani tidak gampang menjual lahannya yang bearlih fungsi menjadi pabrik-pabrik atau perumahan,” pungkasnya.

Seluruh program tersebut, menurut Jazuli Juwaini, bagian dari tanggung jawab sebagai wakil rakyat yang tugasnya memang menerima, mendengar, dan menyalurkan aspirasi, mengadvokasi, dan memberdayakan masyarakat.

“Ketua Majelis Syuro PKS Habib Dr. Salim Segaf Aljufri dan Presiden PKS menginstruksikan agar seluruh aleg PKS totalitas dalam melayani rakyat. Instruksi tersebut kami laksanakan dengan rutin memotong gaji dewan untuk membantu rakyat bagi korban bencana alam dan pandemi, tebar 1 juta paket qurban, tebar 1,7 juta paket sembako, dan berbagai layanan lainnya seperti yang kita laksanakan di Banten ini,” pungkas Jazuli.

tag: #jazuli  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement