Oleh Rihad pada hari Rabu, 04 Mar 2020 - 16:23:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Ditangani Serius, Penyebaran COVID-19 Bisa Dihambat, Contohlah Vietnam dan China

tscom_news_photo_1583313784.jpg
Petugas kesehatan Vietnam (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Selain kisah mengkhawatirkan soal semakin merebaknya virus Corona, terselip juga kabar baik yang melegakan hati.

Saat ini ini sebanyak 70 negara di dunia telah mengkonfirmasi adanya warga yang terpapar virus Corona.

Hingga Selasa kemarin, seluruh dunia telah mencapai 91.113 kasus. Sebanyak 3.118 pasien meninggal dan 48.134 berhasil sembuh. Itu berarti tingkat kematiannya mencapai sekitar 3 persen. Sementara yang sudah sembuh mencapai 52 persen.

Kabar baiknya lainnya datang dari Vietnam. Di negara yang berbatasan dengan Cina tersebut, sebanyak 100% pasien yang terpapar Corona dinyatakan sembuh. Di Vietnam, ada 16 pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19. Mereka sembuh semua. Hal ini terjadi karena keseriusan pemerintah di sana menangani virus ini.

Awalnya ada dua warga China terinfeksi di Ho Chi Minh City, Vietnam, pada 23 Januari. Lalu jumlah bertambah menjadi 6 orang. Pemerintah pusat langsung mendeklarasikan darurat nasional pada 1 Februari.

Pada 13 Februari, 10.600 penduduk Son Loi diisolasi selama 20 hari.

Siswa libur pun libur di Vietnam.

Jutaan murid dari 63 kota libur sejak Tahun Baru Imlek. Apa yang dilakukan Vietnam bisa menjadi pelajaran penting bagi negara lain, termasuk Indonesia.

Kasus Penularan Menurun

Pemerintah China juga melakukan tindakan ekstrim seperti mengisolasi warga Wuhan, pusat penyebaran Corona. China juga mendirikan rumah sakit khusus untuk mengobati pasien Corona.

Di China jumlah orang yang tertular virus korona semakin menurun. Berdasar catatan Associated Press, Selasa (3/3), infeksi baru virus corona mencapai 202 orang. Jumlah itu menjadi yang terendah sejak 21 Januari 2020. Semakin bertambahnya penduduk yang sembuh juga meringankan beban dokter dan para perawat setempat.

Menurut data terkini, ada 80.144 orang yang terpapar virus corona di China. Dari jumlah tersebut, 2.944 orang dilaporkan meninggal, kemudian 47.153 orang dinyatakan sembuh.

tag: #corona  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
BANK DKI JACKONE
advertisement
We Stand For Palestinian
advertisement
HUT RI 79 - SOKSI
advertisement
HUT RI 79 - ADIES KADIR
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement