Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 07 Sep 2020 - 22:03:32 WIB
Bagikan Berita ini :

Kejaksaan dan KPK Harus Ungkap Detail Kasus Jaksa Pinangki

tscom_news_photo_1599491012.jpg
Nasir Djamil Anggota DPR Fraksi PKS (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kalangan DPR mengharapkan pemeriksaan jaksa Pinangki bukan hanya sekadar basa basi dan tidak menyasar kepada hal yang subtansial. Sebab sepak terjang dan keberanian Pinangki menemui Djoko dan berpergian ke luar negeri puluhan kali, tentu dibeking oleh kekuatan uang dan kekuasaan. Baik kekuasaan di internal kejaksaan maupun yang ada di luarnya.

Anggota DPR Nasir Djamil percaya bahwa Jaksa Agung Burhanuddin tidak mentolerir sisi gelap Pinangki yang menjadi salah satu pemeran utama dalam kasus terpidana Djoko Tjandra.

"Jaksa Agung sangat diharapkan bisa membuka misteri Pinangki yang terlibat aktif dalam kasus pelarian Djoko Tjandra. Publik menaruh harapan besar bahwa kejaksaan tidak tebang pilih dalam memeriksa terpidana Pinangki," ujar Nasir, Senin (7/9/2020).

Menurutnya, adanya pernyataan salah seorang komisioner KPK, Nawawi Pamolango, yang menginginkan Pinangki diserahkan ke KPK harus dimaknai sebagai bentuk perhatian KPK kepada kasus hukum yang melilit Pinangki. Karena itu, DPR mengapresiasi Kejaksaan Agung yang mengundang KPK dalam gelar perkara jaksa Pinangki.

"Kejaksaan dan KPK diharapkan bisa bersinergi dan berkolaborasi untuk mengusut kasus hukum yang telah menodai institusi kejaksaan. Kedua institusi ini bisa masuk ke ranah tindak pidana pencucian uang," ujar Nasir.

Terakhir, kata politikus PKS ini mengharapkan memberikan perhatian terhadap kasus Djoko Tjandra dengan cara memberikan arahan kepada Jaksa Agung agar tetap konsisten dan menegakkan hukum meskipun langit akan runtuh.

"Presiden, sebagai atasan langsung Jaksa Agung tentu diharapkan mengawal dan memastikan kasus Pinangki ini akan mengembalikan kepercayaan rakyat kepada institusi penegak hukum," ujarnya.

tag: #nasirdjamil  #pks  #djoko-tjandra  #jaksa-pinangki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement