Oleh Rihad pada hari Minggu, 16 Mei 2021 - 07:13:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemda Diminta Tegas Atur Obyek Wisata yang Kebanjiran Pengunjung

tscom_news_photo_1621124017.jpg
Ilustrasi lokasi wisata (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Usai perayaan Idul Fitri 2021, sejumlah tempat wisata pun dibuka bahkan beberapa tempat wisata tersebut dipadati dengan pengunjung.

Hal ini tentu menimbulkan kekhawatiran, meski aturan dari pemerintah daerah meminta kepada para penyedia jasa wisata untuk membatasi jumlah pengunjung.

Untuk itu, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta Satgas Covid-19 daerah berani mengambil tindakan tegas terhadap tempat wisata yang melanggar protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Sekali lagi kami harapkan seluruh Satgas Covid-19 di daerah, terutama unsur Polda harus berani mengambil keputusan melakukan langkah-langkah penertiban,” ujar Doni Monardo.

Ia juga menyatakan bahwa bila perlu, dan apabila membahayakan keselamatan masyarakat lebih baik ditutup saja.

Hal itu disampaikan dalam bincang-bincang bertajuk ‘Antisipasi Mobilitas Masyarakat dan Pencegahan Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca-Libur Lebaran yang dipantau secara daring di Jakarta, Sabtu, 15 Mei 2021.

Doni juga meminta pemerintah daerah untuk menjaga kapasitas pengunjung tempat wisata agar tidak melampaui 50 persen.

“Kita harapkan pengelola-pengelola pariwisata pun bisa bekerja sama,” kata Doni.

Ragunan Membludak

Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Ragunan Wahyudi Bambang menjelaskan hingga siang menjelang sore tadi jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan telah mencapai 17.197 orang.

Hal ini membuat pengelola menutup sementara pintu masuk Ragunan dan mengakibatkan kepadatan di pintu masuk.

"Luar biasa yang masuk tidak bergerak, sehingga kami menunggu yang di dalam pintu masuk mendingan keluar dulu. Kalau lama di dalam, disuruh ke luar yang di pintu masuk," ujar Bambang, Sabtu, 15 Mei 2021.

Walaupun jumlah pengunjung membludak, Bambang memastikan tidak ada pelanggaran protokol kesehatan. Ia menguatkan para petugas secara ketat mengawasi para pengunjung.

Pangandaran

Pengunjung objek wisata Pantai Batu Karas di Kecamatan Cijulang, Jawa Barat, membeludak pada Sabtu (15/5/2021). Bahkan, banyak di antara pengunjung tidak mengenakan masker. Petugas gabungan pun membubarkan pengunjung pantai tersebut.

Petugas gabungan dari polisi dan TNI setempat langsung membubarkan pengunjung yang membandel. Tak hanya itu, petugas juga segera menutup sementara objek wisata Pantai Batu Karas tersebut. Itu termasuk dengan memutar balik ratusan kendaraan yang hendak masuk ke kawasan wisata tersebut.

Pengunjung objek wisata Pantai Batu Karas di Kecamatan Cijulang, , Jawa Barat, membeludak pada Sabtu (15/5/2021). Bahkan, banyak di antara pengunjung tidak mengenakan masker. Petugas gabungan pun membubarkan pengunjung pantai tersebut.

Petugas gabungan dari polisi dan TNI setempat langsung membubarkan pengunjung yang membandel. Tak hanya itu, petugas juga segera menutup sementara objek wisata Pantai Batu Karas tersebut. Itu termasuk dengan memutar balik ratusan kendaraan yang hendak masuk ke kawasan wisata tersebut.

tag: #covid-19  #wisata  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...