Berita
Oleh Rihad pada hari Thursday, 20 Mei 2021 - 23:59:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Kemendagri Yakin Data yang Diduga Bocor Bukan Berasal dari Dukcapil

tscom_news_photo_1621521803.jpg
Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh memastikan data penduduk yang diduga bocor bukanlah data dukcapil.

Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangan persnya di Jakarta mengatakan jika dianalisa dari struktur dan pola datanya, data tersebut bukanlah data kependudukan dan pencatatan sipil.

"Saya memastikan itu bukan data yang bersumber dari dukcapil. Karena struktur data di Dukcapil tidak seperti itu. Struktur data di dukcapil tidak ada tanggungan, email, NPWP, nomor HP, TMT, TAT," kata dia.

Tim Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri telah melakukan analisis pada kasus kebocoran data individu yang infonya berasal dari twitter dan mendapatkan sejumlah fakta.

Yakni, pelaku mengiklankan penjualan data individu di website dengan alamat https://raidforums.com/Thread-SELLING-Indonesian-full-Citizen-200M-NIK-KPT-PHONE-NAME-MAI-LADDRESS-Free-1Million.

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan, nama user yang mengiklankan data tersebut adalah Kotz. Pada iklan di website tersebut yang bersangkutan memberikan link sampel data individu yang bisa didownload sebagai sampel data.

"Data yang sudah didownload berbentuk file CSV (command separated value) dan setelah diimport berjumlah 1.000.000 rows," kata Zudan Arif Fakrulloh.

Lebih jauh Dirjen Zudan menjelaskan, hasil penelusuran tim dari hasil import data sampel tersebut, diperoleh struktur data yang terdiri dari kolom-kolom.

Kolom-kolom tersebut yakni, PSNOKA, PSNOKALAMA, PSNOKALAMA2, NAMA, NMCETAK, JENKEL, AGAMA, TMPLHR, TGLLHR, FLAGTANGGUNGAN, NOHP, NIK, NOKTP, TMT, TAT, NPWP, EMAIL, NOKA, KDHUBKEL, KDSTAWIN, KDNEGARA, KDGOLDARAH, KDSTATUSPST, KDKANTOR, TSINPUT, TSUPDATE, USERINPUT, USERUPDATE, TSSTATUS, DAFTAR.

Struktur dari data tersebut tidak sama dengan struktur data milik Direktorat Jenderal Dukcapil. Sehingga, data yang diiklankan pelaku tersebut bukanlah data dukcapil.

tag: #kemendagri  #data  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Dukung Pembentukan Pansus Haji, Ketua Panja BPIH: Karena Kemenag Diduga Langgar Kesepakatan

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 22 Jun 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ketua Panja Komisi VIII DPR RI mengenai BPIH Tahun 1445H/2024M, Abdul Wachid menegaskan , Kementerian Agama RI telah melanggar kesepakatan dalam Rapat Kerja dengan Komisi ...
Berita

Ketua Umum Baladhika Karya SOKSI Nofel Saleh Hilabi Minta Pelapor Ketua MPR di MKD Cabut Laporan dan Minta Maaf

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Baladhika Karya SOKSI Nofel Saleh Hilabi meminta kepada pelapor yang melaporkan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR untuk ...