Ragam
Oleh Aswan pada hari Minggu, 03 Okt 2021 - 21:52:20 WIB
Bagikan Berita ini :

Azmi Syahputra: Konsep Sosial dan Jadi Sifat Khas Manusia Indonesia 3b+

tscom_news_photo_1633272855.jpg
Dosen Fakultas Hukum Universitas Trisakti, Azmi Syahputra. (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Manusia Indonesia khususnya pemuda pembelajar saat ini harus terus beradaptasi di era new normal usai bencana covid 19, ya hidup di era baru maka harus semakin direnungkan karena banyak perubahan sekaligus tantangan yang saat ini maupun terus terjadi hingga masa yang akan datang, karena akar masalah utama saat ini bukan di produk Undang undang namun manusianya, pada perilaku manusianya.

Lebih lanjut perkembangan masyarakat termasuk tehnologi informasi yang begitu cepat mendorong pemikiran dan sikap yang tepat dari setiap diri manusia, karena bila pemikiran tidak tepat , termasuk perilaku yang tepat dapat menjadi faktor penghambat pembangunan bangsa bukan pula sebagai pemberi kontribusi positif.

Karenanya untuk itu setiap diri manusia khususnya generasi muda harus punya indikator sebagai sistem pengendali diri yang harus menjadi pendeteksi, sehingga dalam melihat sebuah peristiwa yang terjadi harus diuji dengan konsep 3b+ (baik, benar, bermanfaat dan bijaksana) ,

Jadi masalah apapun yang saat ini dan yang akan terjadi pada bangsa Indonesia tindakan dan sikapnya harus diuji dulu dengan 3b+ jadi harus baik, benar, bermanfaat serta bersikap bijaksana.

Para pemuda khususnya pembelajarnya punya tanggung jawab dalam membangun kesadaran dan budaya masyarakat termasuk meluruskan sumber masalah utama dari perilaku masyarakat.

Ia optimistis jika konsep 3b+ tertanam dalam tiap manusia Indonesia, ini bisa jadi batu uji dan bila diterapkan secara jernih dalam menghadapi setiap peristiwa atau permasalahan maka generasi Indonesia akan mandiri,mampu memprediksi, dapat menjadi Inspirasi, berinovasi dalam produktivitas, sehat, dan siap berkompetisi di manapun berada.

Dan saya menyebutkannya 3b+ ini sebagai konsep sosial dan harus menjadi sifat khas manusia Indonesia terkait urusan perilaku.

tag: #pendidikan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...