Oleh Bachtiar pada hari Kamis, 14 Okt 2021 - 14:21:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Agar Kejadian Polisi Banting Mahasiswa Tidak Terulang, DPR Sarankan Polri Lakukan Ini

tscom_news_photo_1634196114.jpg
Bramantyo Suwondo Politikus Demokrat (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Polri diharapkan memberikan pelatihan mendalam kepada anggotanya guna menghadapi situasi unjuk rasa. Hal ini perlu dilakukan agar kejadian anggota Polri membanting mahasiswa di Kabupaten Tangerang saat unjuk rasa tidak terulang.

Demikian disampaikan oleh Anggota Komisi X DPR RI Bramantyo Suwondo saat merespon tindakan yang terjadi saat aksi unjuk rasa di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, pada, Rabu (13/10/2021).

"Kedepannya polri membutuhkan pelatihan yang lebih mendalam kepada anggota-anggota polri agar situasi seperti ini tidak terjadi kembali," kata Politikus Demokrat itu, Kamis, (14/10/2021).

Bram juga memandang, dibutuhkanya
pemahaman yang lebih mendalam dalam pelaksanaan penegakan hukum. Hal ini termasuk dengan pemilihan teknik yang pas dalam penegakan hukum saat menghadapi aksi unjuk rasa.

"Jangan sampai proses dalam penegakan hukum malah mencederai masyarakat karena tindakan yang berlebih. Karena sejatinya polri adalah pengayom masyarakat, mereka bertugas untuk menciptakan rasa aman untuk masyarakat bukan sebaliknya," tandas dia.

Hal tersebut, tegas Bram, termasuk dalam penegakan hukum perihal apapun, tidak hanya saat penyampaian pendapat

"Agar penegakan hukum dengan tindakan yang berlebih dari yang dibutuhkan tidak terjadi lagi," harap Bram.

Dengan demikian, Bram pun sangat berharap, agar kejadian polisi membanting mahasiswa saat unjuk rasa di kabupaten Tangserang tidak terulang.

"Melihat dari video yang beredar kejadian pembantingan mahasiswa oleh salah satu anggota polri seharusnya bisa tidak terjadi. Dikarenakan melihat dari situasi salah satu anggota polisi sudah dapat mengontrol keadaan, tindakan membanting bisa dikatakan berlebih dari dibutuhkan untuk mengamankan situasi atau excessive force," pungkas Bram.

tag: #polisi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TB Hasanuddin Mengecam Bentrokan Brimob dan Marinir di Sorong Papua

Oleh Sahlan Ake
pada hari Minggu, 14 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengecam insiden bentrokan antara prajurit TNI dengan anggota polisi Brigade Mobil (Brimob) di Kota Sorong, Papua ...
Berita

TB Hasanuddin: Perubahan KKB Jadi OPM Lebih Realistis, Tapi Seluruh Lembaga Negara Harus Sepakat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengungkapkan  penyebutan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menjadi Organisasi Papua Merdeka (OPM) memiliki ...