Oleh Aswan pada hari Minggu, 02 Jan 2022 - 12:41:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Indo Barometer: Jokowi Bakal Hadapi Tantangan Awal Pilpres 2024

tscom_news_photo_1641102065.jpeg
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menilai Presiden Jokowi bakal menghadapi tantangan awal proses Pilpres 2024 dan penanganan pandemi Covid-19.

"Saya sependapat dengan pernyataan Mahfud MD bahwa 2022 politik Indonesia tetap tenang walaupun kemungkinan pertengahan 2022 sudah ada tahapan pemilu. Tetapi, kan, sifatnya administratif belum pertarungan," kata Qodari kepada wartawan, Minggu (2/1/2022).

Pengamat politik itu juga melihat Presiden Jokowi mampu menjaga kesolidan partai koalisi.

Dia mencontohkan, pada 2021, Presiden Jokowi mampu meredam polemik mulai dari UU Pemilu hingga UU Cipta Kerja.

"Relatif semua dikelola, termasuk juga soal potensi reshuffle kabinet yang menurut saya bisa terjadi. Tinggal menunggu momentumnya nanti tanggal berapa," kata dia.

Qodari juga menyinggung guncangan politik yang bisa datang dari bawah, yakni masyarakat.

Sebagai contoh, masyarakat bisa memberontak apabila terjadi krisis ekonomi yang tidak bisa dikendalikan pemerintah seperti 1998.

Namun, Qodari melihat sampai saat ini pemerintah masih bisa mengontrol dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Tidak terjadi kelaparan atau kelangkaan barang yang sangat ekstrem. Bahkan, tren terakhir tingkat kepuasan masyarakat sangat tinggi, karena kasus juga Covid-19 tertangani dengan baik," jelas dia.

Qodari juga mengharapkan varian Omicron tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan begitu, pemerintah bisa fokus mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Jadi, itu tantangan terbesar presiden, jelas penanganan Covid-19 dan pertumbuhan ekonomi. Dan ini dua hal berkaitan dengan yang lain," kata dia.

tag: #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...