Oleh Bachtiar pada hari Selasa, 11 Jan 2022 - 13:39:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemerintah Stop Ekspor Batu Bara, Mukhtarudin: Solusi Jangka Pendek

tscom_news_photo_1641883184.jpg
Mukhtarudin Anggota komisi VII DPR RI dari fraksi partai Golkar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Golkar, Mukhtarudin menilai, langkah atau kebijakan pemerintah menghentikan sementara ekspor batu bara kurang pas.

Menurutnya, penghentian sementara tersebut belum menyentuh akar persoalan terkait tata kelola sektor pertambangan khususnya batu bara.

"Kebijakan penyetopan ekspor batu bara sementara itu kurang tepat, lantaran hanya menjadi solusi jangka pendek," kata Politikus Golkar itu kepada wartawan, Selasa (11/01/2022).

Mukhtarudin menekankan agar Pemerintah segera menyiapkan solusi jangka menengah dan jangka panjang.

"Jangka menengahnya adalah benahi sistem supply chain (rantai pasok) dan kontrak di PLN dan juga menutup PT PLN batu bara karena tidak ada manfaatnya lebih baik langsung saja berkontrak dengan PT PLN-nya dan pemerintah segera terapkan sistem reward and punishment," tegas Anggota Komisi VII DPR RI itu.

Sedangkan, terkait solusi jangka panjang, kata Mukhtarudin menyarankan, pemerintah harus melakukan perubahan undang-undang terkait fungsi dan kewenangan BUMN yang terkait sektor kelistrikan.

"(Pemerintah) harus melakukan revisi Undang-Undang (UU) Ketenagalistrikan agar PLN tak lagi memonopoli usaha listrik di Tanah Air," tandasnya.

tag: #pln  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement