Oleh Bachtiar pada hari Jumat, 15 Apr 2022 - 21:26:50 WIB
Bagikan Berita ini :

LaNyalla Dorong Produk Halal Menjadi Pendukung Utama Ekspor Jatim

tscom_news_photo_1650032810.jpg
LaNyala Mattalitti Ketua DPD RI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengapresiasi langkah dan keberhasilan Gubernur Jawa Timur dalam menggerakkan produk halal sehingga memperoleh tiga penghargaan dalam ajang Anugerah Adinata Syariah 2022.

Dengan penghargaan tersebut, LaNyalla berharap Jatim mampu selangkah lebih maju dari daerah lain dalam menghasilkan produk halal dan jasa keuangan syariah sehingga kemudian sebagai pendukung utama ekspor.

"Penghargaan tersebut sebagai pemicu agar ke depan produk halal Jatim dapat
dikembangkan lebih baik lagi dan menjadi sektor pendukung utama pada ekspor. Peluang ini sangat terbuka dan berpotensi
menjadi salah satu kekuatan industri Jatim," kata LaNyalla, Jumat (15/4/2022).

Ditambahkannya, sektor keuangan syariah di Jatim memiliki pasar yang sangat besar dan masih berpotensi dikembangkan lebih masif karena dengan ekosistem yang kuat dan besar, sektor ini bisa menjadi sektor unggulan.

"Indonesia memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Tentunya sangat berpeluang untuk mendorong sekaligus mengembangkan produk halal yang memiliki nilai ekspor," tukas dia.

"Apalagi ekosistem pengembangan produk halal dan dukungan ekosistem syariah telah terbangun di Jawa Timur," sambungnya.

Hal ini, menurut LaNyalla, ditandai dengan banyaknya jumlah institusi/lembaga sektor keuangan mikro syariah.

Terdiri dari BMT sebanyak 626 institusi yang terdaftar secara resmi, sebanyak 1.971 koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah (KPPS), LKMS ada 24 institusi, Bank Wakaf Mikro sebanyak 15 institusi dengan aset sebesar Rp 64.03 miliar. Juga, koperasi total (syariah dan non syariah) sebesar 22.872 institusi resmi dengan total aset sebanyak Rp 49,59 triliun.

Diketahui Provinsi Jawa Timur meraih tiga penghargaan dalam ajang Anugerah Adinata Syariah 2022 yaitu penghargaan Juara 1 Kategori Keuangan Mikro Syariah, Juara 1 Kategori Pendidikan Ekonomi Syariah dan peringkat kedua Kategori Pemberdayaan Ekonomi Pesantren.

tag: #dpd  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Produksi Minyak Nasional Terus Turun, Komisi VII DPR Minta Evaluasi menyeluruh SKK Migas

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin menilai kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto kinerjanya tidak ...
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...