Oleh Bachtiar pada hari Minggu, 24 Apr 2022 - 22:38:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Hariman Siregar Prediksi Kondisi Ekonomi Sosial Bakal Memburuk Pasca Lebaran

tscom_news_photo_1650814689.jpg
Hariman Siregar beserta sejumlah aktivis lintas generasi saat acara buka bersama di rumah Bursah Zarnubi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Sejumlah aktivis Senior yang tergabung dalam Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) menggelar acara buka puasa bersama pada hari Sabtu (23/4/2022) kemarin.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah Aktivis Lintas Generasi,
Adapun para aktivis yang hadir dalam acara tersebut yakni, tokoh Malari 1974 Dr Hariman Siregar, Bursah Zarnubi, Arriady Achmad, B. Wiwoho, Indro Tjahyono, M. Jumhur Hidayat, Beathor Soeryadi, Hatta Taliwang, Herdi Sahrasad, Iwan Sumule, Isti Nugroho, Don Adam Wahab, Beni Pramula, Paulus Yanuar, Edy Girsang, Dr Reza, Sidratahta, Karman, Desi, Antydodo, Ahmad Nawawi, Sabily, Twedy Ginting, Kornelis, Joko Edi Abdurahman dan banyak lagi aktivis lintas generasi lainnya.

Mereka berdialog dengan hangat dan akrab dalam acara yang diselenggarakan keluarga besar Bursah Zarnubi tersebut .

Pada kesempatan itu, aktivis Senior Hariman Siregar memprediksi bahwa keadaan ekonomi dan sosial di tanah air pasca lebaran bisa lebih memprihatinkan.

Hariman mengutarakan bahwa kondisi ekonomi akan mengalami turbulensi karena berbagai faktor.

"Salah urus, krisis leadership dan dampak Covid serta perang Rusia-Ukraina. Amerika Serikat dan Uni Eropa Sekutunya," kata Hariman mengurai analisisnya.

Hariman menambahkan, efek atau pengaruh eksternal bisa dilihat dari dukungan dan perlawanan rakyat Ukraina terhadap Vladimir Putin/Moskwa.

"Jelas berlarut larutnya perang Ukraina-Rusia akan berimplikasi terhadap kondisi ekonomi, politik dan pertahanan-keamanan di tingkat global maupun regional," ungkapnya.

Senada dengan Hariman, Bursah Zarnubi mengatakan, impact perang Rusia-Ukraina akan mempengaruhi postur perekonomian negara-negara berkembang seperti Indonesia.

""Kita kena imbasnya, kena dampaknya secara telak, karena para pimpinan, pejabat dan elitenya tidak sungguh sungguh dalam mengelola/mengurus negara, dalam membangun bangsa,"" kata Bursah Zarnubi, Ketua Umum PGK yang juga sebagai mantan anggota DPR-RI.

Tak hanya itu, ia juga memprediksi bahwa kondisi global maupun domestik bakal menghadapi kondisi yang lebih buruk.

"Makin susah, harga-harga kebutuhan pokok diprediksi naik lagi, dan suplai pangan/energi, bahan baku, barang-barang, bisa makin sulit, makin langka," lirih Bursah.

"" Ketidakpastian makin dalam,"" kata Hariman menimpali.

Diketahui, acara tersebut juga dihadiri oleh para aktivis mahasiswa, pemuda dan Kelompok Cipayung Plus serta para aktivis senior lainnya.

tag: #politik  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement