Berita
Oleh Bachtiar pada hari Selasa, 26 Apr 2022 - 21:42:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Anggota DPR Ini Harap Jokowi Ralat Kembali Keputusan Larangan Ekspor CPO

tscom_news_photo_1650984139.jpg
Bambang Purwanto Politikus Demokrat (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi IV DPR RI, Bambang Purwanto berharap agar Presiden Jokowi meralat kembali keputusannya terkait larangan ekspor CPO.

Menurutnya, imbas adanya keputusan tersebut para petani sawit hingga industri mengalami turbulensi yang cukup mengkhawatirkan.

"Saya harap presiden Jokowi meralat kembali keputusannya. Sebab dampaknya sangat serius bagi para petani sawit bahkan para pelaku industri sawit. Harga sawit ditingkat petani sudah tak terkendali alias anjlok tak karu-karuan. Tentu ini sangat memprihatinkan," ujar Politikus Partai Demokrat itu kepada wartawan, Selasa (26/04/2022).

Bambang mengungkapkan, disejumlah daerah para petani mulai menjerit dengan adanya keputusan larangan ekspor CPO.

"Di Riau dan Kalteng misalnya para petani sawit mulai menjerit karena harga sawit mulai anjlok. Jelas sangat merugikan mereka karena ongkos produksi dengan harga jual tidak sebanding," urainya.

Tak hanya itu, Bambang menegaskan, dampak adanya keputusan tersebut bisa menyebabkan lahan sawit yang digarap para petani bisa terbengkalai karena pupuk sangat mahal.

"Ya mau garap apa kalau biaya produksinya mahal sementara harga jual rendah. Tentu kondisi semacam ini mestinya diperhatikan Presiden karena ada efek domino yang cukup serius ke depannya di mana pendapatan negara pun bisa berkurang," ujarnya.

Bambang juga menyoroti adanya Surat Edaran Dirjen Perkebunan yang mengatakan bahwa larangan tidak ditujukan ke bahan baku minyak goreng (CPO).

Menurutnya, surat edaran tersebut dilihat dari aspek hukumnya juga kurang mengikat kuat.

"Kurang kuat karena keputusan presiden kan sudah jadi produk hukum yang sifatnya mengikat. Jadi sekali lagi solusinya yakni Presiden Jokowi meralat keputusan larangan ekspor CPO," tegasnya.

tag: #minyak-goreng  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...