Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 11 Apr 2023 - 23:16:06 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Diminta Buat Panja Usut Dugaan Mafia Jabatan di Pertamina

tscom_news_photo_1681229766.jpg
Petugas Pertamina (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Saat rapat dengar pendapat (RDP) antara PT Pertamina Hulu Energi, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) dan PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), Komisi VII DPR RI mengungkap adanya sosok yang diduga mafia jabatan di lingkungan PT Pertamina.

Hal ini diungkap oleh Anggota Komisi VII DPR RI Muhammad Nasir, menurut dia sosok yang dipanggil “Mr James” ini bisa mengatur jabatan hingga proyek yang tengah dikerjakan oleh Pertamina.

Sosok ini, diungkap Nasir merupakan salah satu orang kepercayaan Boy Thohir, kakak Menteri BUMN Erick Thohir. Menurut Direktur Gerakan Perubahan, Muslim Arbi, DPR seharusnya serius menyikapi dugaan mafia jabatan yang terjadi pada perusahaan minyak milik negara itu.

“DPR harus segera membentuk Panja (panitia kerja) atau Pansus (panitia khusus) untuk mengusut proses rekrutmen jabatan, atau jual beli jabatan atau kepentingan orang-orang Erick Thohir di situ,” kata Muslim kepada wartawan saat dihubungi di Jakarta, Selasa (11/4).

Karena DPR, sambung Muslim, merupakan lembaga yang memiliki fungsi pengawasan, sehingga dengan adanya kasus tersebut DPR bertanggungjawab untuk menuntaskannya.

“DPR harus mengusut praktik ini, yang memanfaatkan Pertamina dalam hal ini untuk kepentingan bisnis dan keuntungan politik. Karena praktik ini tidak mungkin mulus jika tidak dipayungi orang kuat, siapa lagi kalau bukan menteri BUMN Erick Thohir,” tandas Muslim.

Diketahui, saat RDP komisi VII DPR RI dengan PT Pertamina Hulu Mahakam yang diwarnai dengan pengusiran Direktur PT PHM sekaligus Direktur Utama Pertamina Hulu Indonesia, Chalid Said Salim keluar dari ruang rapat.

Pengusiran ini dikarenakan para wakil rakyat di Komisi VII DPR RI merasa tidak dihormati dan dilecehkan oleh Chalid Said Salim, selaku Direktur PHM yang tidak hadir pada kunjungan kerja Komisi VII yang berkunjung ke PHM, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Namun terkuak dalam pembahasan Rapat Dengar Pendapat yang berlangsung hari ini pada tanggal 10 April 2023 ini bahwa ada Mafia Jabatan terjadi di tengah kekisruhan management Pertamina saat ini, siapakah ‘Mr james’ ?.

Lingkungan jabatan Pertamina saat ini dipengaruhi oleh keberadaan oknum bernama ‘Mr James’ dalam menempatkan pejabat hingga mengatur proyek yang dikerjakan oleh Pertamina.

Seperti di sampaikan salah satu anggota Komisi VII DPR RI, Muhammad Nasir bahwa siapakah oknum ‘Mr James’ tersebut, terindikasi bernama asli Febri Prestyadi Soeparta, salah satu orang kepercayaan Boy Tohir. Bahkan dikatakan bahwa dalam waktu dekat akan ada pergeseran posisi Direktur Utama Rokan, dan yang menggantikan merupakan orang dekat Mr. James yaitu Chalid Said Salim. Kedua oknum ini infonya menjadi God Father dalam pengaturan jabatan di Pertamina Sub Holding.

Diketahui PT Zerotech Nusantara menyediakan jasa tenaga kerja pengeboran, kerja ulang dan perawatan sumur. Di website Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jakarta tercatat perusahaan Febri ini sudah terdaftar sejak 10 Maret 2008 di Kadin Jakarta.

Di sampaikan juga bahwa sejumlah pejabat pertamina sering kali di panggil menghadap ‘Mr James’ ini di kediamannya di Jl. Kertanegara, Jakarta ini untuk urusan jabatan dan proyek-proyek dalam lingkungan Pertamina.

Dalam rapat itu, Muhammad Nasir juga mempertanyakan apakah benar bahwa ‘Mr James’ ini sengaja menjalankan perintah Boy Thohir untuk mencari proyek-proyek dalam lingkungan Pertamina untuk membantu Eric Thohir dalam masa pencalonan Wakil Presiden 2024.

tag: #pt-pertamina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement