Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 01 Des 2023 - 18:28:33 WIB
Bagikan Berita ini :

Konsistensi DPR Bela Palestina di Forum Global Wakili Suara Rakyat RI

tscom_news_photo_1701430331.jpg
Shofwan (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di tengah agresi militer dari Israel yang terus berlanjut di Jalur Gaza dan Tepi Barat yang membuat rakyat Palestina menderita, DPR RI terus konsisten menyuarakan pembelaan. Langkah yang dilakukan DPR itu dinilai menjadi cerminan suara rakyat Indonesia yang menginginkan perdamaian.

Pernyataan itu disampailan oleh Pengamat politik internasional dari Universitas Indonesia (UI), Shofwan Al Banna Choiruzzad. Menurutnya, DPR menjadi pionir dalam terciptanya dukungan kemerdekaan bagi Palestina di banyak forum internasional.

"Upaya-upaya internasional ini bukanlah sesuatu yang baru. DPR RI telah konsisten memberikan dukungan pada Palestina tidak hanya ketika menjadi tuan rumah forum internasional, tapi juga secara aktif memanfaatkan semua jalur dukungan," kata Shofwan, Jumat (1/12/2023).

Inisiasi DPR dalam berbagai forum internasional tentang dukungan bagi rakyat Palestina contohnya terlihat dalam MIKTA Speaker"s Consultation ke-9 yang digelar di Jakarta beberapa waktu lalu. Bertindak sebagai tuan rumah, DPR yang dipimpin langsung oleh sang ketua, Puan Maharani, mengajak seluruh parlemen anggota MIKTA ikut menyuarakan penghentian perang.

MIKTA sendiri merupakan grup negara-negara kekuatan menengah (middle power) yang terdiri dari Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia. Sementara MIKTA Speaker"s Consultation adalah forum konsultatif ketua parlemen anggota MIKTA.

Kemudian dalam G20 Parliamentary Speaker"s Summit atau P20 ke-9 yang digelar di India, Puan sebagai pemimpin delegasi parlemen Indonesia ikut menandatangani pengajuan Joint Reservation (keberatan bersama) lantaran kesimpulan sidang tak memuat soal isu kemanusiaan Palestina.

Padahal kesimpulan P20 ke-9 memuat isu konflik Rusia-Ukraina. Beberapa negara lain yang juga meneken pernyataan keberatan itu adalah Turki, China, Afrika Selatan dan Rusia.

Tak hanya dalam forum global yang digelar di dalam negeri, DPR juga terus menggalang dukungan untuk Palestina di kalangan internasional. Seperti yang dilakukan Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR, Fadli Zon di mana ia baru-baru ini menggelar pertemuan dengan anggota parlemen Inggris, Jeremy Corbyn dalam rangka menggalang dukungan untuk Palestina.

Tak hanya itu, DPR RI juga berhasil menginisiasi pembentukan Komisi Palestina di Asian Parliamentary Assembly (APA) atau organisasi Parlemen negara-negara Asia pada 26-29 November 2023 ini. Fadli Zon sebagai wakil DPR bahkan dipilih untuk memimpin sidang eksekutif APA yang menyepakati pembentukan Komite Palestina.

Dalam Asia-Pacific Parliamentary Forum (APPF) ke-31 yang digelar di Manila, Filipina, akhir November ini, DPR pun diketahui menyerukan penghentian agresi militer dan membuka akses kesehatan bagi warga Palestina. Shofwan menyebut banyaknya peran aktif DPR RI dalam mendukung perdamaian di Palestina telah menampilkan wajah Indonesia di kancah dunia.

"Sebagai lembaga tinggi negara yang dipilih oleh rakyat, DPR RI mewakili suara dari rakyat negara yang berpenduduk terbesar keempat di dunia untuk menyuarakan keadilan dan kemerdekaan bagi rakyat Palestina,” ungkap Dosen Hubungan Internasional FISIP itu.

Shofwan juga mengapresiasi DPR yang memberikan bantuan kemanusiaan sebesar Rp 10 Miliar tahun 2023 ini. Bantuan tersebut digunakan untuk membeli obat-obatan, makanan, dan pakaian bagi masyarakat Palestina.

"Dengan bobot seperti itu, ditambah dengan posisi strategis Indonesia, membuat masyarakat internasional tidak bisa mengabaikan suara tersebut,” tutur Shofwan.

Doktor lulusan Ritsumeikan University, Jepang ini pun menilai, dukungan DPR dalam berbagai Resolusi PBB yang mengecam pelanggaran HAM oleh Israel merupakan bukti konsistensi dan cerminan suara rakyat Indonesia. Shofwan mengatakan, konsistensi DPR itu dapat meningkatkan citra negara di mata dunia karena menunjukkan komitmen Indonesia yang terus mendorong terciptanya dunia damai dan berkeadilan.

"Dengan demikian, upaya DPR di dalam berbagai platform internasional merupakan sumbangsih krusial untuk meningkatkan kesadaran dunia pada isu Palestina dan mewujudkan kemerdekaannya," sebut Executive Secretary ASEAN Study Center UI itu.

“Termasuk di tahun 2022, DPR juga mengirimkan delegasi ke Palestina untuk menghadiri Konferensi Internasional untuk Kemerdekaan Palestina. Dalam Konferensi tersebut, DPR RI menyuarakan dukungan rakyat Indonesia pada kemerdekaan Palestina,” imbuh Shofwan.

Sebelumnya, Ketua BKSAP DPR Fadli Zon memimpin terbentuknya Komisi Palestina dalam Asian Parliamentary Assembly (APA) atau organisasi Parlemen negara-negara Asia yang digelar di Antalya, Turki, pada 26-29 November 2023. Fadli dipilih sebagai Pimpinan Sidang oleh Dewan Eksekutif APA.

Fadli Zon yang mendeklarasikan terbentuknya Komisi Palestina mengatakan komisi khusus ini akan berfokus melakukan upaya diplomasi parlemen yang efektif untuk mendorong perdamaian dan menghentikan perang antara militer Israel dan Kelompok Hamas.

"Komisi Palestina dalam Parlemen Asia ini dengan menekankan urgensi situasi Palestina, sekaligus investigasi atas tindakan kejahatan perang Israel, serta mendorong kemerdekaan Palestina," kata Fadli Zon, Kamis (30/11).

Fadli mengungkap, gigihnya perjuangan DPR mendorong upaya diplomasi parlemen dalam mendukung kemerdekaan Palestina mendapatkan apresiasi dari parlemen negara-negara Asia yang hadir.

"Dalam sidang itu juga, Indonesia diminta menjadi Rapporteur (penyelidik dan pemberi laporan) dalam Komisi Palestina ini," tuturnya.

Fadli juga bertemu dengan anggota parlemen Inggris, Jeremy Corbyn, dalam rangka menggalang dukungan bagi Palestina. Pertemuan dilakukan di gedung Portcullis House, kompleks parlemen Inggris, Rabu (22/11).

Kepada Corbyn, Fadli Zon memberikan syal dukungan DPR untuk Palestina yang memuat simbol bendera Palestina dan Indonesia. Bahkan ia membantu Corbyn mengalungkan syal tersebut. Jeremy Corbyn diketahui merupakan tokoh yang aktif dalam kampanye solidaritas bagi Palestina (Palestine Solidarity Campaign) di Inggris dan Wales.

Selain untuk menggalang dukungan, DPR RI ingin mendorong parlemen-parlemen negara sahabat mendukung inisiatif perdamaian global di tengah memanasnya isu geopolitik dan ketimpangan kekuatan besar.

Pertemuan Fadli dengan Corbyn disebut tidak hanya menjadi bukti hubungan jangka panjang antara Indonesia dan Inggris, tetapi juga sebagai simbol dukungan parlemen lintas negara dalam memperkuat solidaritas internasional terhadap rakyat Palestina.

"Pada pertemuan itu, kami bersepakat bahwa untuk terus mengadvokasi perjuangan Palestina dan menekankan perlunya segera dilakukan gencatan senjata di Gaza," kata Fadli Zon, Jumat (24/11).

Sementara dalam pertemuan tahunan APPF, DPR yang diwakili oleh Anggota BKSAP Puteri Komarudin mengajak negara-negara di Asia Pasifik untuk menyerukan penghentian agresi militer dan membuka akses kesehatan bagi warga Palestina.

“Kita tahu bahwa serangan militer telah menewaskan lebih dari 13.000 warga Palestina, termasuk perempuan, anak-anak, lansia, dan difabel. Bahkan, serangan ini juga menargetkan 4 (empat) rumah sakit besar di Gaza, tak terkecuali rumah sakit Indonesia. Hal ini kemudian memicu lebih dari 50.000 pasien yang tak bisa tertangani secara maksimal,” papar Puteri dalam Forum Kerja Sama di Wilayah Asia-Pasifik di Bidang Kesehatan Universal di Manila, Filipina, Jumat (25/11).

“Yang ingin saya tekankan adalah perang dan serangan militer yang merusak layanan kesehatan tentu tidaklah dibenarkan dan harus dihentikan segera,” tutupnya.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement