Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 08 Des 2023 - 19:42:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Jelang Libur Nataru, Puan Dorong Peningkatan Keamanan Transportasi dan Tempat Wisata

tscom_news_photo_1702039330.jpg
Puan Maharani (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pentingnya peningkatan keamanan dan pelayanan sarana transportasi dan obyek wisata, terutama jelang libur panjang di akhir tahun. Ia meminta Pemerintah untuk memastikan keselamatan masyarakat khususnya yang bepergian selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Di akhir tahun akan ada mobilitas masyarakat yang tinggi dan saya harapkan ada peningkatan pelayanan dari setiap moda transportasi publik serta keamanan di jalan bagi yang menggunakan kendaraan pribadi," kata Puan, Jumat (8/12/2023).

Seperti diketahui, momen libur akhir tahun biasanya digunakan oleh masyarakat untuk mudik atau bepergian ke tempat wisata. Hal itu lantaran terdapat libur panjang pada perayaan Natal dan Tahun Baru. Apalagi akhir tahun ini pun bertepatan juga dengan libur sekolah yang memungkinkan adanya mobilisasi tinggi masyarakat.

Untuk memastikan kenyamanan masyarakat dalam perjalanan, Puan mengingatkan Pemerintah berkoordinasi sebaik-baiknya dengan Polri dan pihak operator layanan transportasi.

"Seperti bagi yang menggunakan jalur darat, perhatikan agar rest area diatur sedemikian rupa sehingga tidak terjadi penumpukan di waktu arus mudik dan arus balik. Sehingga masyarakat dapat beristirahat dengan aman dan nyaman,” ungkap perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR RI tersebut.

“Tentunya ini juga berlaku untuk semua moda transportasi. Apakah jalur darat, kereta api, laut, maupun moda transportasi udara harus bisa menyiapkan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat yang hendak bepergian,” sambung Puan.

Selain itu, mantan Menko PMK ini menyoroti pentingnya pos pemantau perjalanan yang dilengkapi dengan fasilitas kesehatan. Menurut Puan, pos pemantau yang berfungsi dengan baik dapat menjadi instrumen utama dalam mengawasi lalu lintas dan merespons keadaan darurat.

"Pos pemantau yang lengkap dengan fasilitas kesehatan dapat memberikan respons cepat dalam situasi darurat dan mendukung keselamatan pengguna transportasi," ungkapnya.

Lebih lanjut, Puan menyoroti mengenai peningkatan kasus Covid-19 yang berpotensi dapat semakin tinggi apabila tidak diantisipasi dengan baik. Puan meminta Pemerintah menyiapkan langkah-langkah khusus dalam menghadapi kerumunan berlebih saat libur akhir tahun, khususnya di tempat-tempat wisata.

"Meskipun tren gejalanya masih ringan, tapi kita tidak boleh lengah dengan Covid-19. DPR akan ikut mengawal untuk memastikan pelayanan kesehatan saat libur panjang tetap terjaga," sebutnya.

Puan juga mengingatkan masyarakat untuk terus menjalani pola hidup yang sehat. Apalagi saat ini tengah ramai informasi mengenai virus pneumonia misterius yang banyak menyerang anak-anak.

“Dibutuhkan pula kewaspadaan dari masyarakat sendiri dalam menjaga keluarganya. Di tengah isu pneumonia misterius ini, pengawasan kesehatan bagi anak-anak harus lebih diperhatikan. Sebisa mungkin bekali anak dengan vaksinasi yang lengkap,” papar Puan.

Di sisi lain, Legislator dari Dapil Jawa Tengah V itu mengingatkan Pemerintah untuk mengawasi setiap obyek wisata. Puan mengatakan hal ini untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

"Keamanan pengunjung di objek wisata juga harus diperhatikan, harus ada pengawasan dari pemangku kebijakan dan pemeliharaan setiap fasilitas wisata, terutama yang memiliki risiko keamanan," terangnya.

"Kita tidak ingin terjadi lagi adanya kecelakaan-kecelakaan di obyek wisata karena kurangnya sistem keamanan. Tempat wisata juga harus jauh dari ancaman wabah penyakit. Sehingga masyarakat dapat menikmati liburan dengan menyenangkan,” tutup Puan.

tag: #dpr  #puan-maharani  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Produksi Minyak Nasional Terus Turun, Komisi VII DPR Minta Evaluasi menyeluruh SKK Migas

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin menilai kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto kinerjanya tidak ...
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...