Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 12 Jan 2024 - 20:08:02 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Minta Adanya Kontrol Pribadi dalam Berbisnis Online

tscom_news_photo_1705064882.jpeg
Online bisnis (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Rizki Sadig memberikan sorotan pada pentingnya kesadaran diri dan kontrol pribadi dalam berbisnis online. Beliau menekankan bahwa informasi pribadi yang tersebar melalui gadget dapat menjadi risiko, sehingga kontrol diri menjadi kunci dalam menjaga keamanan digital.

"Semuanya harus sadar bahwa sensor diri, sensor pribadi, kontrol terhadap diri kita masing-masing harus diperhatikan," ujar Rizki Sadig dalam Webinar dengan tema "Yuk Belajar UMKM Online", Jumat (12/1/2024).

Yudi Syahrial S.Sos.I, Ketua Tim Informasi Komunikasi Maritim, membahas peran strategis kampanye gerakan BBI (Beli Barang Indonesia) dalam mendukung UMKM dan produk lokal. Gerakan ini telah aktif sejak tahun 2020, memberikan kontribusi signifikan untuk mendukung pertumbuhan UMKM di era digital.

"Gerakan BBI yang dimulai sejak tahun 2020 hingga saat ini memiliki peran penting untuk mendukung UMKM dan produk dalam negeri," jelas Syahrial.

Nanda Desita, seorang influencer dan entrepreneur, berbagi tiga tips praktis untuk memaksimalkan UMKM online, yakni perbaiki deskripsi produk, buat jadwal live secara teratur, dan lakukan iklan secara efektif. Tips ini memberikan wawasan berharga bagi para pelaku bisnis online. "Perbaiki deskripsi, buat jadwal live 1.3.6, dan lakukan iklan," kata Desita, memberikan pandangan praktis bagi para pelaku bisnis online.

Dalam konteks UMKM online, pembuatan rencana bisnis menjadi langkah awal yang krusial. Setiap pelaku bisnis online perlu melakukan analisis pasar, pemasaran logistik, perencanaan operasional, dan rencana keuangan untuk mencapai tujuan bisnisnya. Analisis produk melalui riset pasar menjadi elemen penting dalam memahami kebutuhan pasar dan memenangkan persaingan.

Adaptasi dan kreativitas dalam pendekatan digital bukan hanya menjadi keharusan, tetapi juga menjadi kunci sukses bagi pelaku usaha di era ini. Terbentuknya ekonomi digital menjadi bukti nyata inovasi dalam bidang ekonomi, memberikan dukungan signifikan untuk pertumbuhan bisnis UMKM di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Forum ini memberikan wawasan mendalam bagi para pelaku UMKM yang ingin memanfaatkan peluang digital secara optimal.

tag: #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Mendadak, Caleg PKB Cabut Gugatan di MK

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 30 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Arief Hidayat kaget dengan keputusan Caleg PKB yang mencabut permohonan perkara Pileg 2024 DPRD Aceh. Permohonan Caleg PKB ini berkaitan ...
Berita

Dukung Pembangunan Berkelanjutan, Bank DKI Resmikan Kebun Hidroponik

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI secara konsisten menunjukkan komitmennya dalam mendukung tujuan pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals melalui perwujudan 2 program Tanggung ...