Oleh Fath pada hari Minggu, 28 Apr 2024 - 18:28:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Banggar DPR RI Minta Pemerintah Siapkan Mitigasi Cegah Berlanjutnya Pelemahan Rupiah

tscom_news_photo_1714303693.jpg
Mukhtarudin Anggota komisi VII DPR RI dari fraksi partai Golkar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin, mendorong agar pemerintah untuk menyiapkan langkah mitigasi mencegah pelemahan nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dollar AS yang belakangan ini mengalami undervalued.

Politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini mengaku kinerja nilai tukar rupiah yang melemah tersebut, disebabkan data dari Amerika Serikat yang mengonfirmasi kemungkinan The Fed masih bertahan dengan suku bunga tinggi dalam jangka panjang.

"Jadi, saya kira mitigasi sangat perlu, guna mengantisipasi eskalasi konflik di Timur Tengah yang semakin bergejolak saat ini," tutur Mukhtarudin, Minggu 28 April 2024.

Nilai tukar (kurs) rupiah ke dolar hari ini, Minggu 28 April 2024 berada di angka Rp16.241,30. Sebelumnya, pada Sabtu 27 April 2024, angkanya masih berada di kisaran Rp16.210.

Untuk itu, Mukhtarudin berharap pemerintah terus menyinkronkan kebijakan moneter dan fiskal secara intensif, guna meminimalkan nilai tukar, inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas sistem keuangan tanah air.

Kendati demikian, peraih penghargaan Tokoh peduli Daerah Terbaik Teropong Parlemen Award 2023 ini mendorong pemerintah saat ini maupun periode mendatang perlu memastikan kemandirian ekonomi yang relevan untuk menghadapi gejolak global yang tidak berkepastian tersebut.

Artinya, menurut Mukhtarudin dalam konteks bernegara kemandirian ekonomi berarti sumber-sumber daya yang tersedia harus dioptimalkan oleh dan untuk rakyat Indonesia.

Selain itu, Anggota Komisi VII DPR RI ini bilang pemerintah harus proaktif terkait kebijakan hilirisasi di tanah air yang sangat tepat dan terus dilanjutkan.

Pasalnya, lanjut Mukhtarudin, peningkatan nilai tambah komoditas akan menambal cadangan devisa, dan ujungnya memperkuat fundamental ekonomi.

"Jika ini berkelanjutan, maka gejolak perekonomian global tidak akan begitu berdampak pada stabilitas ekonomi nasional. Saya kira langkah ini sangat penting untuk pemerintahan baru Prabowo Gibran periode 2024-2029 mendatang," pungkas Mukhtarudin.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Selain Harapannya Tipis, Politikus PDIP Ini Sebut Anies dan Ahok Cocoknya Berduel Bukan Duet

Oleh Fath
pada hari Minggu, 12 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Politikus PDIP Darmadi Durianto mengaku pesimis partainya bakal mengusung Anies Baswedan sebagai cagub DKI Jakarta. Apalagi menduetkannya dengan Ahok. "Pasnya duel ...
Berita

Bamsoet Dorong Peran Swasta Dalam Industri Pertahanan dan Keamanan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung kemajuan peran swasta dalam industri pertahanan dan keamanan nasional untuk menjadi mitra ...