Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 02 Mei 2024 - 17:02:32 WIB
Bagikan Berita ini :

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

tscom_news_photo_1714644152.jpg
Dave Laksono (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika industri memetakan peta jalan baru dan mempercepatnya, transformasi digital dan cerdas siap mendorong pertumbuhan eksponensial dan memajukan infrastruktur digital.

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Golkar, Dave Akbarshah Fikarno Laksono yang hadir dalam acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024, Bangkok, Thailand mengatakan, kawasan Asia-Pasifik adalah mesin pertumbuhan penting dunia dalam lanskap digital. Ekspansi dan urbanisasi yang pesat meningkatkan permintaan akan solusi ICT mutakhir dan infrastruktur digital yang kuat.

"Dave berharap Indonesia bisa terus meningkatkan infrastruktur digital di seluruh nusantara agar mampu bersaing dengan negara-negara Asia-Pasifik dimasa yang akan datang," kata Dave dalam rilisnya, Kamis (2/5).

Dalam acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok, Thailand dari tanggal 29 hingga 30 April 2024 itu, hadir pula sebagai pembicara, Kepala Staf Kepresidenan RI, Jendral TNI Moeldoko.

Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 ini mengatakan pada kongres ini, keberagaman lanskap digital di kawasan ini menyoroti perlunya mempertemukan para pemimpin utama dari sektor pemerintah dan perusahaan, serta para mitra, untuk bertukar wawasan dan praktik terbaik, yang penting untuk mencapai realisasi penuh transformasi digital di semua dimensi.

"Sehingga Indonesia sangat perlu peningkatan konektivitas yang ada agar dapat memberikan dampak yang signifikan bagi kemajuan industri digital di seluruh negeri serta mendorong pembangunan ekonomi khususnya di daerah terpencil," ujarnya.

Ia juga menjelaskan, pada akhir tahun 2019, Indonesia telah menyelesaikan Proyek Palapa Ring Nasional – sebuah proyek infrastruktur digital prioritas yang merupakan inisiatif signifikan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan konektivitas internet di seluruh negeri yang bertujuan untuk menyediakan akses layanan internet 4G ke lebih dari 500 kabupaten di seluruh negeri. negara.

"Dengan biaya sebesar US$1,5 miliar, proyek ini mencakup lebih dari 35.000 kilometer kabel serat optik bawah laut dan 21.000 kilometer kabel darat, yang membentang dari kota paling barat di Indonesia, Sabang hingga kota paling timur, Merauke. Selain itu, kabel tersebut juga melintasi setiap kabupaten, mulai dari pulau paling utara Mianagas hingga pulau paling selatan, Rote. Melalui Palapa Ring, pemerintah bisa memfasilitasi kapasitas jaringan hingga 100 Gbps bahkan maksimal wilayah-wilayah terpencil," jelasnya.

Infrastruktur digital di Indonesia, lanjutnya memainkan peran penting dalam membentuk perekonomian dan konektivitas negara."Pada Januari 2022, Indonesia memiliki 204,7 juta pengguna Internet yang mengesankan. Basis pengguna dalam jumlah besar inilah yang menjadi fondasinya untuk pertumbuhan digital," tutupnya.

Perlu diketahui, Kongres ini mendalami tantangan transformasi digital yang dihadapi oleh berbagai industri di kawasan ini, serta mengeksplorasi topik infrastruktur digital seputar Komunikasi Data, Penyimpanan Data, Jaringan All Optical, Cloud dan teknologi Al, serta penerapannya dalam skenario industri.

Selain itu, para ahli di sektor publik dan industri dilibatkan sebagai pembicara dalam pertemuan puncak, sesi, dan diskusi meja bundar yang dimaksudkan untuk mendorong diskusi terbuka guna mengatasi tantangan-tantangan mendesak saat ini dalam mengeksplorasi infrastruktur digital dan cerdas terkemuka, yang bersama-sama mempercepat kecerdasan industri di Asia-Pasifik.

tag: #partai-golkar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement
Lainnya
Berita

Dukung Pembentukan Pansus Haji, Ketua Panja BPIH: Karena Kemenag Diduga Langgar Kesepakatan

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 22 Jun 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ketua Panja Komisi VIII DPR RI mengenai BPIH Tahun 1445H/2024M, Abdul Wachid menegaskan , Kementerian Agama RI telah melanggar kesepakatan dalam Rapat Kerja dengan Komisi ...
Berita

Ketua Umum Baladhika Karya SOKSI Nofel Saleh Hilabi Minta Pelapor Ketua MPR di MKD Cabut Laporan dan Minta Maaf

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Baladhika Karya SOKSI Nofel Saleh Hilabi meminta kepada pelapor yang melaporkan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR untuk ...