Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 30 Jul 2015 - 18:18:45 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketua Komisi VI Sebut Jokowi Tak Paham Ekonomi Internasional

22medium_70Hafisz Thohir 2.jpg
Hafisz Tohir (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Hafisz Tohir menilai, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak paham dengan ekonomi internasional.

Pasalnya, ekonomi Indonesia saat ini terus mengalami keterpurukan yang mengakibatkan pendapatan negara berkurang dan berdampak pada hutang ke luar negeri.

Hal ini bisa dilihat dari posisi Debt Service Ratio (DSR) atau rasio utang Indonesia di triwulan I 2015 yang sebesar 56,08 persen sudah mengkhawatirkan dan melampaui batas aman yang ditetapkan lembaga keuangan Dana Moneter Internasional (IMF) sebesar 30 persen.

"Ngurus ekonomi dalam negeri saja dia (Jokowi) gak mampu, lihatlah semua karut marut. Bahaya kita di bibir jurang kegagalan," kata Hafisz kepada TeropongSenayan, Kamis (30/7/2015).

Kendati demikian dirinya mengakui, di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi memang tidak semua sektor gagal.

"Tidak semuanya gagal. Namun dalam ekonomi Jokowi gagal," ungkapnya.

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengingatkan pemerintah, dengan adanya DSR ini Presiden Jokowi harus segera mencari penyelesaian agar tak berdampak pada investor.

"Dampaknya sangat bahaya, jika kita sudah melewati angka aman DSR-nya maka dana pembangunan akan tersedot semua kebayar hutang. Akibatnya pembangunan terhambat dan beban hutang semakin berat dan ini akan mempengaruhi masuknya investasi ke Indonesia," paparnya.

Kondisi ini, kata Hafisz, bisa menjadi peringatan bahwa tingkat kepercayaan publik akan turun. Artinya Indonesia memasuki negara lampu kuning menuju merah seperti yang terjadi di Italy dan Spanyol serta Yunani.

Menurut data di laman Bank Indonesia (BI), posisi DSR pada kuartal I 2015 sebesar 56,08 persen, naik dibanding kuartal IV 2014 sebesar 51,6 persen.(yn)

tag: #jokowi  #ekonomi internasional  #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TelkomGroup Distribusikan Hewan Kurban pada Hari Raya Iduladha 1445 H

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 20 Jun 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dalam rangka memperingati Iduladha1445 Hijriah, sebagai wujud berbagi dan kontribusi kepada masyarakat, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menyelenggarakan ...
Berita

Dave Laksono: Posisi BRICS Masih Dilakukan Pendalaman

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dibentuk pada tahun 2006, aliansi BRICS yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan yang awalnya dianggap sebagai platform kerja sama ekonomi ...