Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Rabu, 28 Okt 2015 - 08:36:37 WIB
Bagikan Berita ini :

"Surat Menteri ESDM ke Freeport Tak Dicabut, Berarti Jokowi Langgar UU"

71Jokowi1.jpg
Presiden Joko Widodo (Sumber foto : youtube)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota komisi VII DPRRI Harry Poernomo meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri ESDM Sudirman Said mencabut surat bernomor 7582/19/ESDM/2015 tertanggal 07 Oktober 2015 perihal permohonan perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia.

Pasalnya, surat yang diterbitkan Menteri ESDM tersebut dianggap melanggar UU nomor 4 tahun 2009 tentang Minerba.

"Jika Jokowi tidak mau mencabut, berarti Jokowi juga melanggar undang-undang. Selesai itu," kata Harry Poernomo di ruang Komisi VII DPR, Senayan, Jakarta, Selasa sore (27/10/2015).

Selain karena UU, ditegaskan Harry, sikap pihaknya berlandaskan pada aspirasi rakyat. Menurutnya, tidak mungkin Komisi VII tidak bersuara tanpa adanya desakan dari rakyat agar izin operasi dalam bentuk kontrak karya PT Freeport Indonesia cukup pada tahun 2021.

"Bagaimanapun Komisi VII mewakili rakyat. Kalau Komisi VII setuju, berarti rakyatnya setuju. Kalau rakyatnya tidak setuju, tidak mungkin Komisi VII menyetujui," klaim dia.

Lebih lanjut Harry menyatakan, Jokowi memiliki hak untuk mengingatkan langkah yang diambil menteri pembantunya.

"Bagaimanapun seorang Jokowi dalam pekerjaannya kan ada koridornya. Kalau dilanggar ya free-kick. Nah, kita mengingatkan karena (perpanjangan kontrak PT. Freeport) secara legal formal belum terjadi. Yang baru berjalan kan komitmen. Kita tidak inginkan karena itu melanggar. Menteri sudah melanggar, Jokowi belum. Makanya kita minta jokowi supaya meminta mencabut surat itu. Tetapi kalau nanti Jokowi tetep merestui surat itu, berarti dia ikut harus bertanggung jawab," pungkasnya memperingatkan.(yn)

tag: #surat menteri esdm  #freeport  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement
Berita Lainnya
Berita

DPR RI Harap Kontingen Indonesia Raih Emas di Olimpiade Paris

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 24 Jul 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI memberikan dukungan kepada 29 atlet Indonesia yang akan bertanding di Olimpiade Paris 2024. Tim Merah Putih diharapkan dapat memberikan hasil terbaik untuk ...
Berita

Dana BOTI Dipangkas, Warga Kota Pademangan Minta Anies Baswedan Kembali Pimpin Jakarta

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Semangat Warga Kota Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara untuk mengembalikan program-program Anies Baswedan sangat kuat. Setelah banyaknya keluhan warga yang mengalami ...