Oleh Rihad pada hari Rabu, 09 Des 2020 - 08:33:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Empat Kandidat Pilkada Jadi Sorotan Karena Anak Pejabat, Gibran Diprediksi Menang Mudah

tscom_news_photo_1607477599.png
Ilustrasi pilkada Solo (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Empat kandidat yang merupakan putra pejabat akan ikut berlaga pada Pilkada Serentak 2020. Mereka adalah Gibran Rakabuming Raka, Putra Presiden Jokowi; Bobby Nasution, menantu Presiden Jokowi; Siti Nur Azizah Ma"rur, anak Wapres KH Ma"ruf Amin; dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, keponakan Menhan Prabowo Subianto.

Mereka bertarung di tiga daerah yang mendapat perhatian publik pada Pilkada 2020 ini, yaitu Tangerang Selatan (Tangsel); Solo, Jawa Tengah: dan Medan, Sumatera Utara.

Anak kandung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, menjadi salah satu kandidat Wali Kota Solo. Menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Afif Nasution, menjadi salah satu kandidat Wali Kota Medan. Sesangkan anak kandung Wakil Presiden KH Ma"ruf Amin, Siti Nur Azizah Ma"ruf , dan keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, menjadi peserta Pilkada Tangsel.

Gibran Menang Mudah

Berdasarkan survei, Gibran akan menang mudah di Solo. Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari memperkirakan, langkah Gibran Rakabuming, menjadi orang nomor satu di Solo akan berjalan mulus.

Gibran mendapatkan persentase 65,3 persen sementara Bagyo Wahyono hanya 4,5 persen. Sedangkan jika dilihat dari elektabilitas pasangan, Gibran-Teguh Prakosa memperoleh 67,8 sedangkan Bagyo-Suparjo 4 persen.

Sementara, responden yang menyatakan tidak akan memilih atau rahasia atau belum memutuskan atau tidak tahu atau tidak jawab sebesar 28,3 persen.

Peluang Bobby di Medan

Menantu Jokowi di Medan memiliki peluang menang tapi tidak mudah.

Berdasarkan hasil survei pada 20-24 November 2020, ada dua tantangan yang akan dihadapi Bobby pada Pilkada Kota Medan yakni melawan calon petahana dan partisipasi pemilih.

Elektabilitas calon wali kota yang masih banyak menjawab rahasia, ini indikasi keterlibatan rendah. Terkait elektabilitas, Bobby dan wakilnya Aulia Rachman mendapat 32 persen, sementara lawan mereka yakni Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi 9,8 persen. Sedangkan yang menjawab rahasia 27,5 persen, belum memutuskan 28,5 persen dan tidak tahu sebanyak 2,3 persen.

Pilkada Tangsel

Indo Barometer memprediksi pasangan calon Siti Nur Azizah Ma"ruf Amin dengan Ruhamaben akan sulit untuk mengalahkan pasangan petahana Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan pada Pilkada Tangsel 2020.

Pasangan Muhammad dan Rahayu Saraswati yang merupakan keponakan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga diprediksi kalah dari Benyamin-Ichsan.

Persentase elektabilitas Benyamin Davnie-Ichsan 34,0 persen.

Sementara Muhamad-Rahayu 20,8 persen dan Siti Nurazizah - Ruhamaben 10,5 persen.

.

tag: #pilkada-2020  #gibran-rakabuming  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement