Oleh Aswan pada hari Minggu, 22 Agu 2021 - 23:08:02 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Alasan Amerika Serikat Lepas Afghanistan

tscom_news_photo_1629656592.jpg
Screenshot Channel YouTube Bursah Interaktif (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Dalam beberapa hari ini dunia dikejutkan dengan adanya serangan kilat Taliban berhasil mengalahkan Afghanistan, berhasil mengusai wilayah Ibu Kota Kabul dan menduduki Istana Kepresidenan Afghanistan pada Minggu (15/8), hanya sekitar tiga bulan sejak pertama kali melancarkan serangan.

Taliban mulai mengintensifkan serangan setelah Amerika Serikat dan NATO memutuskan untuk menarik pasukan mereka setelah 20 tahun berperang pada 4 Mei lalu.

Berangkat dari hal itu, menjadi pertanyaan apa sebenarnya alasan Amerika Serikat meninggalkan Afghanistan? Banyak spekulasi-spekulasi keluarnya Amerika Serikat dari kekayaan Afganistan.

Pemerhati Intelijen, Militer dan Pertahanan, Dr. Connie Rahakundini Bakrie melihat kejadian ini ada orientasi geopolitik, mereka melihat tambah bergolaknya Indo-Pasifik atau asia pasifik dimasa depan untuk menghadapi kekuatan China.

"Amerika sudah punya mainan baru,kawasan kita, kawasan laut China Selatan, selama kita dalam kondisi seperti ini dan belum ada kebijakan strategi bagaimana kalau meninggalkan non-blok, kita pertahankan dulu, dengan catatan apa yang kita buat harus balas" kata Connie Rahakundini dalam channel YouTube Bursah Interaktif, Minggu(22/8).

Kemudian kata dia, kalau Indonesia masih ingin ber non-blok , Indonesia harus latihan bersama China, Rusia atau koalisi non-willing dan kawan kawan lainnya.

Dalam industri pertahanan, menurut dia, Indonesia harus dibagi menjadi 4 komando gabungan wilayah pertahanan (kogabwilhan) dan berkoalisi dengan Koalisi Non-willing.

Selain itu, Connie Rahakundini juga mengatakan, Indonesia harus bisa melihat perbedaan antara warga Taliban dan Afganistan, Amerika Serikat juga masih belum bisa membedakan mana orang Taliban dan mana orang Afghanistan.

"Kita mesti hati-hati, karena sekarang juga kita harus bisa melihat perbedaan antara Taliban dan Afganistan, Taliban itu masuk di Afghanistan ketika ada sekelompok akademisi atau anak anak sekolahan Pakistan yang bener-bener membawa perubahan,tapi dibiayai arab saudi, makanya Presiden Ashraf Gani kabur ke Arab," ujarnya.

tag: #afghanistan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...