Oleh Sahlan Ake pada hari Minggu, 28 Mei 2023 - 18:16:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Benny Heru Cahyono: Politik Memiliki Peran Krusial Sebagai Alat Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

tscom_news_photo_1685272581.jpg
Benny Heru Cahyono (Sumber foto : Istimewa)

WONOSOBO (TEROPONGSENAYAN) --Pakar Politik Benny Heru Cahyono mengatakan, politik memiliki peran krusial sebagai alat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Melalui proses politik yang transparan, inklusif, dan bertanggung jawab, tujuan kesejahteraan dapat dicapai.

Hal ini disampaikan saat menjadi salah satu narasumber dalam seminar kebangsaan yang diselenggarakan oleh Komunitas Taruna Tani Wonosobo, Minggu (28/5/2023) dengan tema "Politik Alat Untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat". Selain Benny Heru Cahyono, narasumber yang hadir ada Cendikiawan Muslim Dr. KH. Muchotob Hamzah, MM.

"Kita harus ingatkan bahwa bangsa ini sudah memiliki landasan hukum Pasal 33 Undang-Undang 1945 yang menjadi dasar sistem perekonomian nasional. Pasal 33 ayat 3, bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat,” paparnya.

Dalam seminar tersebut, Benny juga menyampaikan pandangannya tentang pentingnya alat kesejahteraan masyarakat dalam konteks politik. Benny menjelaskan bahwa alat kesejahteraan masyarakat, yang terdiri dari kebijakan publik dan program-program sosial, memiliki peran penting dalam mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan kualitas hidup rakyat.

Selain itu, Benny menyoroti beberapa aspek penting terkait alat kesejahteraan masyarakat. Pertama, ia menekankan perlunya kebijakan yang mengutamakan akses pendidikan dan kesehatan bagi semua warga negara. "Menurut saya investasi dalam bidang ini akan menciptakan masyarakat yang lebih terdidik, sehat, dan berdaya saing," katanya.

Selain itu, Benny juga mengemukakan pentingnya jaminan sosial yang kuat untuk melindungi masyarakat yang rentan, seperti kaum miskin, anak-anak, lansia, dan penyandang disabilitas.

Ia berpendapat bahwa negara harus menjamin dalam memberikan perlindungan sosial kepada mereka, baik melalui program bantuan langsung, jaminan kesehatan, atau pensiun yang layak.

Selanjutnya, Benny membahas tentang peran alat kesejahteraan masyarakat dalam memperkuat ekonomi negara. Ia menyampaikan bahwa dengan adanya jaminan keamanan sosial, masyarakat akan lebih berani mengambil risiko dalam berwirausaha atau berinvestasi.

"Hal ini dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru," ucapnya.

Pada akhir narasinya, Benny mengajak para peserta seminar untuk bersama-sama mendukung dan mendorong pemerintah dalam merancang dan melaksanakan alat kesejahteraan masyarakat yang efektif.

Ia percaya bahwa dengan kebijakan yang tepat dan komitmen yang kuat, alat kesejahteraan masyarakat dapat menjadi instrumen yang mampu meningkatkan kualitas hidup seluruh rakyat dan memperkuat fondasi sosial-ekonomi negara secara keseluruhan.

tag: #partai-nasdem  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement