Oleh Ariady Achmad (Politisi Senior Partai Golkar, Mantan Anggota DPR RI dan Sahabat Dekat Gus Dur pada hari Kamis, 17 Okt 2024 - 14:57:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Viva Yoga, Dokter Hewan Andalan Kabinet Prabowo Tangani Transmigrasi

tscom_news_photo_1729151859.jpg
(Sumber foto : Istimewa)

Viva Yoga Mauladi akan segera menapaki jenjang karir dipiramida atas aktivis-politisi yakni anggota Kabinet Presiden Prabowo. Tepatnya menjadi Wakil Menteri Transmigrasi. Viva, politisi PAN ini, telah mendapatkan tugas itu langsung dari Prabowo saat dipanggil ke jalan Kartanegara, Selasa (15/10/2024).

Viva memiliki latar belakang pendidikan Kedokteran Hewan dari Universitas Udayana, Bali. Lulus SMA Negeri Lamongan, Jawa Timur, dia mendapatkan bangku kuliah melalui jalur tanpa tes atau dikenal PMDK saat itu. Ketika menjalani dunia aktivis di PB HMI maupun KAHMI, Viva melanjutkan pendidikan hingga lulus jenjang S2 di UI.

Meski jalan menuju kursi Wakil Menteri Transmigrasi ditempuh melalui jalur politik, Prabowo tidak salah menempatkan Viva Yoga dalam barisan Kabinet yang dipimpinnya. Sebab, saat menjadi anggota DPR RI, Viva Yoga juga pernah duduk di Komisi yang bermitra dengan Kementerian yang mengurusi sektor transmigrasi. Sehingga persoalan transmigrasi bukan hal baru baginya.

Sektor Transmigrasi tampaknya akan menjadi perhatian penting pemerintahan Presidens Prabowo. Sebagai negara kepulauan yang luas dengan distribusi penduduk yang belum merata, rasanya wajar dan masuk akal pilihan ini. Prabowo ingin program transmigrasi menjadi salah satu intervensi kebijakan pemerintahan yang dipimpinnya untuk melakukan pemerataan, baik pendudukan serta kesejahteraannya.

Viva Yoga bisa jadi dinilai Prabowo bisa menjawab tantangan penanganan transmigrasi saat ini. Sebab program distribusi penduduk yang sudah dilakukan sejak era pendudukan Belanda ini rasanya tidak bisa lagi dengan pola-pola lama. Setidaknya, diera serba internet dan generasi millenial sekarang ini membutuhkan terobosan baru dalam penanganan dan pengelolaan program transmigrasi yang akan menjadi tanggung jawab Viva Yoga.

Rekam jejak Viva Yoga menjadi modal kuat menjalankan tugas pemerintahan yang dipimpin Presiden Prabowo nanti. Selain menguasai soal teknis, kemampuan Viva Yoga membangun dan mengelola jaringan sebagai aktivis dan politisi sangat dibutuhkan dalam koordinasi dan kolaborasi guna mengorkrestrasi jalanya program transmigrasi modern dan digital.(*)

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
BANK DKI JACKONE
advertisement
We Stand For Palestinian
advertisement
HUT RI 79 - SOKSI
advertisement
HUT RI 79 - ADIES KADIR
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement
Lainnya
Opini

Ketua MA yang Baru Harus Jadikan MA Sebagai Benteng Terakhir Peradilan yang Bisa Dipercaya

Oleh Didi Irawadi Syamsuddin Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat (2019-2024)
pada hari Kamis, 17 Okt 2024
Ketua Mahkamah Agung yang baru harus bisa memulihkan kembali kepercayaan publik bahwa MA benar-benar menjadi benteng terakhir peradilan yang adil & bisa dipercaya.  Meyakinkan publik, ...
Opini

Dialog Santai Kwik Kian Gie dan Anthony Budiawan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pagi hari, Selasa, 15 Oktober 2024, kami berkomunikasi lagi. Kali ini pembicaraan kami seputar APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Maklum, malam sebelumnya ...