Berita
Oleh Eko Cahyono pada hari Sabtu, 10 Jan 2015 - 11:10:45 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketua Partai Tidak Harus Bandar, Yang Muda Juga Bisa Bersinar

39siti zuhro.jpg
Siti Zuhro (Sumber foto : Eko Hilman)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Kader-kader muda PAN harus berani tampil ikut berkompetisi pada Kongres IV PAN di Bali Maret 2015. Jangan menyerahkan kesempatan berkompetisi hanya kepada dua orang kader yang sekarang ini sudah ramai disebut-sebut.

"Banyak kader muda PAN potensial dan bersinar seperti Drajat Wibowo, Catur Sapto Edy, Viva Yoga selain Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan," kata Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro, Sabtu (10/1).

Menurutnya, partai modern itu harus berkembang dinamis dengan regenerasi kepemimpinannya yang lancar. Jangan sampai hanya terkonsentrasi pada figur-figur yang itu-itu saja.

"PAN ini rumah demokrasi, apa kata orang kalau kader-kader partai yang berdiri di era reformasi ini justru takut mereformasi partai sendiri. Kalau mereka tidak berani maju, yah aneh. Masak kader partai takut jadi calon pemimpin, terlebih jika memenuhi kualifikasi,” ujarnya lagi.

Para kader-kader muda menurutnya tidak usah khawatir bertarung menghadapi seniornya. Mereka harus memberi contoh bahwa untuk memimpin tidak harus orang kaya raya atau harus mampu menjadi bandar partai. ”Meski akses masih terbatas, bukan orang kaya raya, kenapa harus takut menghadapi kader senior yang memiliki kelebihan aspek finansial,” imbuhnya.

Siti berharap kongres PAN menghindari penentuan pimpinan partai secara aklamasi. Semakin banyak calon, menurutnya, kompetisi semakin sehat.”Sekarang ini belum apa-apa seperti sudah diarahkan agar kongres memilih secara aklamasi pemimpinnya. Calon jangan takut bersaing dan hanya mau menang mutlak,” jelasnya.

Yang penting kualifikasi kader memenuhi aspek integritas, leadership, kemampuan managerial, kompetensi-kompentesi lain yang dibutuhkan.(ss)

tag: #kader  #muda  #pan  #tampil  #kompetisi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement