Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Senin, 13 Apr 2015 - 22:55:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Kompetisi untuk Transparansi Pemerintahan, Indonesia Diwakili 2 Finalis

17Logo MAVC.jpg
Logo MAVC (Sumber foto : Istimewa)
Teropong Juga:

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Make All Voices Count (MAVC) menggelar kompetisi untuk transparansi pemerintahan dengan nama Global Innovation Competition (GIC) 2015 di Jakarta 13-17 April 2015.

Make All Voice Count adalah gerakan inisiatif internasional yang ikut memberi kontribusi pada upaya menciptakan pemerintah efektif dan akuntabel di 12 negara Asia dan Afrika.

Kompetisi tersebut diikuti 10 finalis inovator dari seluruh dunia dan memperbutkan dana hibah sebesar 300.000 pounsterling atau sekitar Rp 5,7 miliar. Selain itu para pemenang juga akan diberi kesempatan mengubah ide mereka menjadi kenyataan dalam jangka waktu enam bulan dibawah bimbingan para ahli.

Direktur Inovasi Dausi Were mengatakan, perlombaan tersebut sebagai suatu inisiatif internasional untuk membangun pemeritahan efektif dan akutabilitas pemerintahan di Asia dan Afrika.

"MAVC aktif mendorong secara substansial tata kelola pemerintahan demokratis efektif dan akuntabilitas lewat berbagai program, salah satunya adalah GIC," ujar Dausi dalam keterangan pers yang diterima TeropongSenayan, Senin (13/4/2015).

Kompetisi ini, lanjut dia, bertujuan untuk mengajak melahirkan solusi penuh teroboson yang menggaungkan suara masyarakat luas dan mendorong pemerintahan yang bersih di negara-negara Asia dan Afrika. "Melihat masalah dengan cara pandang baru dan mendengarkan permasalahan yang tidak pernah mengemuka,” tuturnya.

Indonesia sendiri diwakili dua finalis yakni The Volunteer Network Platform on Climate Change Info, dengan ide penggunaan SMS dan platform berbasis website untuk menciptakan informasi local yang mudah diakses tentang informasi mengenai komunitas yang terkena dampak perubahan suhu di Indonesia. Lalu Women and Youth Development Institute of Indonesia, dengan ide penggunaan solusi teknologi untuk mendukung dialog berkelanjutan antara pemerintah lokal dan anggota masyarakat yang berusaha untuk membuat suara mereka diperhatikan dan didengar di wacana politik lokal Indonesia.

Peserta lainnya terdiri dari Pakistan, Filipina, Bangladesh, Mozambik, Afrika Selatan, Ghana, Kenya, Nigeria.

"Para pemenang akan diumumkan pada Gala Night pada Kamis, 16 April 2015 sekaligus merayakan dan mengapresiasi kerja para finalis lainnya," tuntasnya.(yn)

tag: #kompetisi transparansi  #mavc  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement