Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Rabu, 22 Mei 2019 - 11:46:39 WIB
Bagikan Berita ini :
Musim Mudik

Komisi V Minta Pemberlakuan One Way di Trans Jawa

tscom_news_photo_1558500399.jpg
Gerbang Tol Cikampek (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Anggota Komisi V DPR RI, Intan Fauzi menyatakan pemberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) di jalur Tol Trans Jawa menuju Timur untuk musim mudik Hari Raya Idul Fitri tahun ini tetap dilakukan.

Menurutnya, jalur satu arah akan dilakukan mulai dari Tol Cikampek Km 29 hingga Km 263 Brebes Barat, Jawa Tengah.

"Dari hasil rapat kami di Komisi V DPR RI bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) telah disepakati rekayasa lalu lintas satu arah jelang mudik," kata Intan di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Menurut Intan, pemberlakuan rekayasa lalu lintas satu arah ini adalah kegiatan yang sangat signifikan.

"Karena paling tidak ada satu arus yang berlipat dua kali," ujarnya.

Terlebih lagi, kata dia, mudik tahun ini juga diprediksi akan lebih banyak masyarakat Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang bakal menggunakan transportasi darat.

"Jadi ada efek dari mahalnya tiket pesawat. Maka sebagian masyarakat memang memilih jalur darat baik kendaraan pribadi dan bus," jelas Ketua DPP PAN ini.

Rekayasa satu arah ini kata Intan, akan diberlakukan mulai 30 Juni sampai 2 Mei.

"Jadi pak Menteri Budi Karya juga sudah menyampaikan ke kita,dengan sistem satu arah ini maka volume kendaraan yang tertampung akan lebih banyak. Dan kemacetan bisa diatasi karena kendaraan cenderung akan menambah kecepatannya," tegasnya.

Dengan kebijakan satu arah ini, Intan yang kembali duduk sebagai Anggota DPR dari Dapil Jabar VI juga mengingatkan, agar pihak terkait juga memantau dan betul-betul melihat kondisi tempat istirahat (rest area) yang tersedia.

"Kalau bisa kita usulkan agar ditambah biar lebih banyak. Saat ini sudah ada sebanyak 60 rest area yang bisa digunakan sepanjang perjalanan menggunakan tol terletak di dua sisi jalan. Lain hal bila hanya satu jalur yang dibuka maka hanya ada 30 rest area yang bisa digunakan," paparnya.

"Rest area ini memang penting. Tapi kita ada dalam pembahasan kemarin karena jarak dari Km 29 sampai Km 263 itu kira-kira bisa ditempuh 2,5 jam-3 jam, sebenarnya pemudik bisa merencanakan perjalanan," tuturnya.(ahm)

tag: #dpr  #kementerian-perhubungan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk ...
Berita

Di Akhir Periode Kepengurusan PIA DPR Tetap Jalankan Komitmen Berbagi Pada Sesama

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sebagai bentuk komitmen untuk selalu berbagi berkah, di bulan suci Ramadhan kali ini Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI tetap menggelar pemberian Paket sembako bagi ...