Oleh Givary Apriman pada hari Rabu, 08 Jul 2020 - 16:45:51 WIB
Bagikan Berita ini :

Penyerapan Anggaran Rendah, Ketua Komisi IV DPR RI Cecar Kementerian LHK

tscom_news_photo_1594199651.JPG
Komisi IV DPR RI ketika Raker dengan Kementerian LHK (Sumber foto : Teropong Senayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mempertanyakan capaian kinerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait realisasi anggaran 2020 yang masih tergolong rendah, yaitu sekitar 31,55 persen.

"Capain tersebut setara Rp2,1 triliun dari pagu anggaran sebesar Rp6,7 triliun," ujar Sudin dalam rapat kerja Komisi IV DPR RI dengan KLHK di Jakarta, Rabu (08/07/2020).

Seperti diketahui kalau pencapaian kinerja KLHK tersebut berada di urutan ke-63 dari 85 dari berbagai kementerian dan lembaga yang ada.

Perihal masih rendah capaian kinerja tersebut Sudin meminta penjelasan dari Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar.

"Capaian ini agak jauh di bawah nampaknya," ungkapnya.

Komisi IV DPR juga meminta penjelasan terkait dengan upaya serta langkah yang akan dilakukan oleh KLHK untuk meningkatkan capaian realisasi kinerja pada sisa tahun anggaran.

Selain itu, Politisi PDIP tersebut juga mengatakan kalau KLHK perlu menjelaskan kalau perkembangan dan laporan detail pelaksanaan program strategis kementerian terkait dengan penanggulangan dampak pandemi COVID-19.

"Kami juga ingin mendapat penjelasan mengenai tindak lanjut atas beberapa kesimpulan terdahulu yang di dalamnya juga terkait beberapa laporan hasil kunjungan kerja Komisi IV DPR RI yang perlu ditindaklanjuti KLHK," katanya.

Sudin menuturkan penjelasan dari KLHK atas beragam persoalan tersebut akan berguna untuk mencari tahu alternatif pemecahan masalah bidang lingkungan hidup dan kehutanan ke depan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan perkembangan dan evaluasi keuangan KLHK per 6 Juni 2020, yaitu 31,5 persen, sedangkan Rabu pagi ini naik menjadi 32,11 persen berdasarkan data Kementerian Keuangan.

"Jadi ada kemajuan per hari dan langkah-langkah percepatan sedang kita lakukan karena baru saja dilonggarkan di KPKN jadi proses administrasi sedang dilakukan," pungkasnya.

tag: #kementerian-lhk  #dpr  #komisi-iv-dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...