Oleh Aswan pada hari Sabtu, 14 Agu 2021 - 15:28:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi I DPR Sarankan Pemerintah Indonesia Mengirim TNI Ke Afganistan Mengevakuasi WNI Jika Diperlukan

tscom_news_photo_1628929802.jpg
Bobby Adhityo Rizaldi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi setuju jika Indonesia mengirimkan TNI untuk mengevakuasi WNI jika ada di Afganistan di tengah peningkatan serangan Taliban di negara tersebut. Pasalnya sudah ada sejumlah negara lain yang mengirimkan tim untuk mengevakuasi warganya dari Afghanistan.

"Setuju, prinsip nya dalam konstitusi UUD 1945 dan UU Nomor 37 Tahun 1999 tentang hubungan luar negeri, Pemerintah Indonesia wajib melindungi warganya, termasuk bila berada di Afghanistan. Bila dirasa perlu oleh KBRI Kabul, pemerintah harus segera kirim TNI untuk menjemput, evakuasi warga Indonesia yang ada disana," kata Bobby saat dihubungi wartawan, Sabtu(14/8/2021).

Politisi Partai Golkar ini Mengatakan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) sudah harus memulai protokol pengamanan perwakilan RI disana dan persiapan evakuasi warga Indonesia, dan harus intensif dilaporkan ke Jakarta.

"Penyelamatan WNI harus dengan segala sumber daya negara yg ada termasuk pengerahan militer dan mobilisasi pasukan. Negara harus hadir dalam situasi ini," ucapnya.

Namun itu, tambah dia, tetap melihat keperluan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Afganistan apakah membutuhkan bantuan untuk mengevakuasi Warga Negara Indonesia di sana dan jika perlu WNI yang di PBB maupun WNI yang telah menikah dengan warga Afghanistan.

"Tetap melihat keperluan dr KBRi, info nya hanya 6 WNI yg ada disana, bila dirasa perlu, 2 WNI di PBB dan lain nya yg menikah dg warga sana," tambahnya.

Diketahui, Pemerintah Kanada, Inggris dan Amerika telah mengirimkan Tentaranya ke Afghanistan untuk membantu evakuasi warganya.

tag: #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement