Oleh Aswan pada hari Sabtu, 18 Sep 2021 - 06:39:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Negara Tetangga Tidak Senang Jika RI Berhasil Jadi Produsen Baterai Mobil Listrik, Pemerintah Akan Lakukan Ini

tscom_news_photo_1631921950.jpg
Ilustrasi Baterai Mobil Listrik (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengatakan, langkah Indonesia untuk menjadi produsen baterai kendaraan listrik nyatanya memang tak selalu mudah, karena banyaknya tantangan dan rintangan yang menghadang.

Salah satu rintangan itu, diakui Bahlil, justru datang dari negara tetangga, yang menurutnya tidak senang jika Indonesia berhasil menjadi produsen baterai kendaraan listrik tersebut.

"Jadi, maunya mereka itu, mereka ambil bahan bakunya di Indonesia, lalu mereka bangun (pabrik baterai kendaraan listrik) di negara mereka, biar (kelihatannya) ini Made In negara A atau Made In negara B," kata Bahlil kepada wartawan, Jumat (17/9/2021).

Bahlil memastikan bahwa pemerintah pun telah membaca adanya pertanda dari ketidaksukaan negara tetangga pada upaya Indonesia untuk melahirkan dan merintis industri baterai kendaraan listrik di Tanah Air.

Namun, Bahlil memastikan jika pemerintah pun telah menangani hal tersebut, dengan menjalin sejumlah kerjasama strategis dengan para stakeholder, termasuk para investor.

"Makanya kami kerjasama dengan investor, bekerja keras untuk menghajar hilirnya dulu nih, bukan hulunya," ujarnya.

Meski demikian, Bahlil pun enggan menyebut negara apa yang menurutnya memiliki ketidaksukaan atas upaya Indonesia membangun industri baterai kendaraan listrik dengan pabrik yang berada di wilayah Karawang itu.

"Saya tidak perlu sebutkan negara apa yang tidak ingin Indonesia menjadi salah satu negara produsen baterai di dunia itulah," kata Bahlil.

Dia menyadari bahwa potensi masalah-masalah semacam ini, baik dari pihak internal maupun eksternal Indonesia dalam merintis industri baterai kendaraan listrik, memang dapat dimaklumi.

Mengingat, pabrik baterai mobil listrik di Karawang itu merupakan pabrik yang pertama di Indonesia dan juga di Asia Tenggara.

"Kalau kita bangun semuanya ini, ini akan jadi salah satu yang ada di dunia," ujarnya.

tag: #baterai-mobil-listrik  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...