Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 19 Nov 2022 - 13:53:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi Sukses Gelar G20 Bali, Akademisi: Indonesia Bukan Negara Sembarangan

tscom_news_photo_1668840785.jpg
Direktur Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Asep Saepudin Jahar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kesuksesan Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022, sebagai bukti kehadiran Indonesia bukan cuma formalitas saja. Hal ini disampaikan Direktur Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Asep Saepudin Jahar.

“Saya pikir, momen G20 telah menjadi catatan dunia bahwa kehadiran Indonesia bukan formalitas karena bergiliran memimpin G20. Tetapi, Indonesia secara konkret menunjukkan perhatian serius,” kata Asep melalui keterangannya, Jumat (18/11/2022).

Dalam hal energi dan iklim, kata dia, Presiden Jokowi menunjukkan contoh pohon Bakau atau Mangrove yang berperan penting untuk menjaga pinggir laut dan sistem udara. Kemudian terkait kesehatan, lanjut dia, Indonesia langung berkontribusi sekitar 50 juta dolar.

“Artinya, Indonesia kedepan harus terus menyuarakan isu-isu keadilan ekonomi, kesehatan, energi dan perdamaian. Saya pikir, Indonesia tidak dipandang lagi sebagai negara sembarangan," katanya.

Selain itu, ia melihat G20 menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara besar yang telah mengajak dunia, terutama negara-negara adidaya seperti Amerika, Tiongkok, dan Eropa. Untuk mewujudkan keadilan universal bagai negara-negara lain serta menjaga kedamaian dunia.

“Indonesia berhasil menyuarakan keadilan bagi negara-negara middle dan lower income untuk mendapat perhatian dalam keadilan ekonomi, kesehatan, pangan, energi dan kedamaian. Ini suatu prestasi bahwa Indonesia adalah negara strategis bagi dunia, apalagi dia juga negera mayoritas Muslim di dunia,” katanya.

Disamping itu, Asep menilai pemerintah telah berhasil menunjukkan Indonesia adalah negara yang strategis untuk bermitra. Apalagi, Indonesia kaya akan energi dan sumber daya mineral.

“Indonesia dalam negara Muslim mayoritas menunjukkan kepada dunia, bahwa Islam Indonesia betul-betul menghargai keragaman dan toleransi hidup dengan baik. Saya pikir Indonsia akan menjadi model bagi dunia dalam hal kehidupan beragama dan social budaya yang begitu kompleks,” ujarnya.

Tentu, Asep menambahkan keberhasilan digelarnya G20 di Bali tentu aparat keamanan baik TNI, Polri serta unsur lainnya membuat situasi kondusif. Sehingga, para tamu negara dunia merasa aman dan nyaman mengikuti Presidensi G20 di Bali.

“Bahkan, Presiden Prancis Macron, berjalan santai menuju tempat acara jalan kaki dan menyapa warga dengan rileks, tingkat keamanan yang kondusif. Ini menunjukkan kemampuan Indonesia dalam hal security services, dan ini keberhasilan kolaborasi berbagai elemen terutama Polri, TNI dan intelejen bekerja dengan baik,” katanya.

Diketahui, Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di The Apurva Kempinski Bali pada Senin, 14 November 2022. Dalam pertemuan itu, Jokowi menyampaikan terima kasih atas kehadiran Presiden Biden dalam kegiatan KTT G20 di Indonesia.

“Presiden Biden, selamat datang di Bali. Saya mengapresiasi kehadiran Presiden Biden pada KTT G20 ini," kata Presiden Jokowi.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement