Oleh Bachtiar pada hari Minggu, 17 Sep 2023 - 23:03:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Siapa Capres Pilihan Masyarakat Jabar Pedalaman, Ini Dia Jawabannya!

tscom_news_photo_1694966596.jpg
Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan. (kolase foto Antara) (Sumber foto : Antara)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kontestasi pilpres yang tak lama lagi akan digelar pada tahun 2024 tengah menjadi perhatian berbagai kalangan masyarakat baik kalangan atas hingga akar rumput.

Diketahui, hingga saat ini, hanya ada tiga bacapres yang muncul yaitu pertama, Anies Baswedan yang didukung oleh partai NasDem, Demokrat dan PKS. Kedua, Prabowo Subianto yang didukung Partai Gerindra, Golkar, PKB dan PAN. Ketiga, Ganjar Pranowo yang didukung PDIP, PPP dan Partai Hanura.

Berdasarkan wawancara khusus yang dilakukan tim gabungan media yang terdiri dari Teropongsenayan, Telusur, Kedaipena, Minggu (17/09/2023) kepada sejumlah masyarakat yang berada di pedalaman Jawa Barat (Jabar) berikut nama bacapres yang menempati urutan pertama, kedua dan ketiga sebagai bacapres yang bakal dipilih oleh sejumlah masyarakat pedalaman Jabar.

Istilah pedalaman, tim gunakan untuk melihat preferensi politik masyarakat yang berada di wilayah yang jauh dari garis pantai atau pesisir.

Urutan pertama bacapres yang bakal dipilih yaitu Prabowo Subianto dengan lima (5) orang menyatakan akan memilih Ketua Umum Partai Gerindra itu. Sedangkan diurutan kedua yaitu Anies Baswedan dengan empat (4) orang menyatakan akan memilih eks Gubernur DKI Jakarta itu dalam pilpres 2024. Adapun diurutan ketiga yaitu Ganjar Pranowo dengan dua (2) orang yang menyatakan akan memilih eks Gubernur Jawa Tengah itu.

Hasil ini didapat tim gabungan media melalui wawancara tatap muka langsung.

Adapun masyarakat yang berhasil diwawancarai merupakan masyarakat dengan latar belakang profesi yang beragam.

Berikut petikan wawancara tim gabungan media kepada sejumlah masyarakat pedalaman Jabar.

Siapa bacapres yang akan anda pilih pada pilpres 2024 nanti?

1. "Pak Prabowo tentunya. Karena Indonesia butuh pemimpin tegas," ucap Rio yang berprofesi sebagai juru parkir di kawasan Soreang, Bandung Jawa Barat

2. "Saya akan pilih pak Anies karena beliau ramah," kata Agung yang berprofesi sebagai tukang gorengan itu saat diwawancara tim media, di Dayeuh Kolot, Bandung.

3. "Kalo saya teh pengennya pemimpin itu yang membuka lapangan pekerjaan. Saya ini tidak sekolah tinggi. Susah cari kerja. Saya lihatnya yang punya ke arah sana ya Pak Anies Baswedan," ucap Asep, seorang pemuda yang diwawancarai saat sedang mengopi di kawasan Soreang.

4. "Wah, kalo presiden-presidenan sebenarnya saya gak terlalu peduli "A. Tapi saya akan mendukung yang melanjutkan program pak Jokowi, ya Pak Ganjar. Saya yakin beliau melanjutkan kasih-kasih bantuan ke pedagang-pedagang UKM," kata Icih, seorang ibu-ibu pedagang kaki lima di Soreang.

5."Pak Prabowo karena tegas dan berwibawa itu yang saya pilih," tegas Ujang, seorang ojek pangkalan.

6. "Saya pilih Pak Prabowo, karena beliau tegas," kata Ridwan, seorang sales barang-barang elektronik di Padalarang.

7. "(Pilih) Pak Anies. Beliau orang berpendidikan. Biar anak saya kuliah nanti biayanya dimurahin," tegas Adang, seorang sopir angkot.

8. Pak Ganjar lah. Saya ini pendukung Pak Jokowi. Nah, pak Ganjar yang janji ngelanjutin pak Jokowi," ujar Engkos, seorang bapak-bapak berprofesi sebagai buruh tani.

9. "Pak Prabowo. Saya dari dulu pendukung setia Pak Prabowo walaupun kalah terus," kata Ncep, seorang pemuda karyawan warung waralaba.

10. "Saya terang-terangan akan pilih Pak Anies. Beliau berhasil membangun Jakarta. Saya yakin beliau akan bisa membuat Indonesia jadi negara maju" kata Gugun, seorang bapak-bapak berprofesi sebagai penjaga loket terminal Leuwipanjang.

11. "Insya Allah pak Prabowo saya pilihnya," ujar Dadang yang berprofesi sebagai seorang buruh bangunan di kawasan Leuwipanjang.

Sekedar informasi, pada pemilu 2019 lalu, Jabar menjadi wilayah dengan suara pemilih terbanyak.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
HUTRI78
advertisement
HUT RI 78 - AHMAD NAJIB
advertisement
HUT RI 78 - BAMSOET
advertisement