Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 20 Feb 2024 - 19:57:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Siti Fauziah: Kemajuan Kinerja MA Bisa Jadi Tolak Ukur Dan Motivasi MPR Untuk Maju

tscom_news_photo_1708433827.jpg
Siti Fauziah (Sumber foto : MPR)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Plt Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah, SE, MM hadir di acara Sidang Pleno Istimewa Mahkamah Agung (MA) dengan agenda penyampaian Laporan Tahunan (Laptah) MA Tahun 2023. Sidang Pleno yang mengambil tema sentral ‘Integritas Kuat Peradilan Bermartabat’ ini, digelar di ruang Plennary Hall Jakarta Convention Centre, Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Hadir dalam acara tersebut, Presiden RI Joko Widodo, Ketua MA Prof. Dr. Syarifuddin, SH, MH, Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, para Ketua Kamar MA, Hakim Agung, Hakim Adhoc, , para Ketua Mahkamah Agung dari Malaysia, Singapura, Kuwait, Wakil Ketua MA Qatar, Delegasi Sudan, Australia, China dan Rusia.

Turut hadir Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad dan para Pimpinan serta anggota lembaga-lembaga negara, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, para duta besar negara sahabat, para purnabakti pimpinan MA dan para Ketua Pengadilan Tingkat Banding, Ketua Pengadilan Tingkat Pertama, dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Siti Fauziah mendengarkan pemaparan Ketua MA Prof. Dr. Syarifuddin, SH, MH saat menyampaikan Laporan Tahunan MA Tahun 2023. “Saya menyimak banyak sekali kemajuan dari kinerja MA, yang bisa menjadi tolak ukur juga motivasi bagi MPR untuk juga bergerak maju meraih prestasi,” ujarnya usai acara.

Ada satu poin penting digarisbawahi Siti Fauziah, yang menjadi tolak ukur kemajuan kinerja MA, yakni kesiapan MA dalam menghadapi era globalisasi. Terutama dalam pemanfaatan teknologi informasi di era digital saat ini dan ke depan. Seperti penerapan Sistem Peradilan Pidana Terpadu berbasis Teknologi Informasi (SPPT-TI) dan aplikasi elektronik Berkas Pidana Terpadu (e-BERPADU) yang dikembangkan putera-puteri Indonesia di MA.

“Hal tersebut memacu MPR untuk meningkatkan kemampuan teknologi informasinya, yang sekarang sedang dibangun dan berproses menuju kualitas yang lebih baik. Sebab, memang sudah menjadi tuntutan jaman, semua berbasis teknologi digital yang harus diikuti agar tak tertinggal,” paparnya.

Siti Fauziah mengungkapkan, dengan tujuan ingin membangun kinerja MPR yang lebih baik itulah, ia kerap menghadiri berbagai acara yang memberikan pencerahan serta wawasan baru dan segar, untuk pengembangan organisasi, seperti kegiatan Sidang Pleno Istimewa MA ini.

Usai acara, Siti Fauziah mendampingi Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad meninjau _booth_ MPR RI, di acara Pameran Kampung Hukum Mahkamah Agung yang dilaksanakan sejak tanggal 19 hingga 20 Februari 2024. “_Alhamdulillah_, beliau Bapak Fadel Muhammad memberi respon sangat baik saat meninjau. Kepada beliau, saya menjelaskan terkait partisipasi MPR di ajang pamaren Kampung Hukum ini,” tambah dia.

Siti Fauziah juga menjelaskan, respon dan ketertarikan peserta pameran yang mayoritas para hakim dan yang berkecimpung di dunia hukum ini sangat besar. Mereka sangat tertarik dengan produk-produk hukum keluaran MPR. “Intinya, apa yang MPR hadirkan di pameran ini memang sangat cocok dan dibutuhkan peserta,” pungkasnya.

tag: #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TB Hasanuddin Mengecam Bentrokan Brimob dan Marinir di Sorong Papua

Oleh Sahlan Ake
pada hari Minggu, 14 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengecam insiden bentrokan antara prajurit TNI dengan anggota polisi Brigade Mobil (Brimob) di Kota Sorong, Papua ...
Berita

TB Hasanuddin: Perubahan KKB Jadi OPM Lebih Realistis, Tapi Seluruh Lembaga Negara Harus Sepakat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengungkapkan  penyebutan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menjadi Organisasi Papua Merdeka (OPM) memiliki ...