Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 30 Mar 2024 - 16:55:22 WIB
Bagikan Berita ini :

Menhub Prediksi Puncak Arus Mudik Jalur Udara 7-8 April

tscom_news_photo_1711792522.jpg
Masyarakat berada di Bandara (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya memprediksi puncak arus mudik via angkutan udara terjadi 7-8 April mendatang. Prediksi itu berdasarkan data pemesanan tiket pesawat dimana jumlah tertinggi terjadi pada H-4 dan H-3 lebaran.

"Dengan data itu kami selaku regulator sudah membahas dengan teman-teman operator menghimbau masyarakat untuk menggunakan penerbangan lebih awal. Yakni di H-10 sampai H-5. Di situ nanti bisa dapat diskon dan sebagainya," kata Menhub usai meninjau sarana dan prasarana transportasi udara di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, dalam rangka kesiapan Angkutan Lebaran 2024, Jumat (29/3/2024).

Menurut data Angkasa Pura, rata-rata jumlah penumpang pada masa angkutan Lebaran 2024 naik 9 persen dibanding hari biasa. Di sisi lain, operator pesawat juga telah menambah jumlah penerbangan untuk mengakomodir tingginya jumlah pemudik (ekstra flight)

Di Bandara Soekarno-Hatta sendiri, ekstra flight direncanakan sebanyak 1.539. Yakni 82 penerbangan internasional dan 1.457 penerbangan domestik.

"Kami memberikan kesempatan kepada operator untuk menambah ekstra flight disertai dengan peningkatan dari sisi pelayanan di bandara. Termasuk di wilayah Indonesia Timur, kami minta operator bisa menjangkau bandara-bandara kecil," ujarnya.

Terkait tarif tiket pesawat, Menhub mengingatkan kepada para operator untuk tidak melewati tarif batas atas. Sanksi akan diberikan kepada operator yang melanggar aturan tarif batas atas.

"Komitmen dari para operator harus kita pegang. Itu sebagai suatu bagian pelayanan kita kepada masyarakat," ucapnya.

Lebih lanjut Menhub mengapresiasi sistem monitoring Angkasa Pura Indonesia yang dapat mendeteksi kejadian udara beberapa jam ke depan. Seperti kedatangan pesawat dan potensi delay.

tag: #mudik  #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Pasca Pemilu, Ketua Fraksi PKS Jazuli: Siap Kolaborasi Bangun Bangsa

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 29 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menyatakan pihaknya tidak pernah membatasi diri pasca Pemilu 2024. Menurutnya PKS adalah partai politik yang konsisten mendorong ...
Berita

Ahmad Najib Prediksi Timnas Indonesia Menang 2-1 Lawan Uzbekistan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI Ahmad Najib Qodratullah optimis Timnas Indonesia bakal menaklukan Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 yang digelar di Stadion Abdullah bin ...