Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 30 Sep 2024 - 20:31:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Pimpinan Bicara Kolaborasi Apik Anggota Dewan Buahkan Peningkatan Citra DPR

tscom_news_photo_1727703097.jpeg
Wakil Ketua DPR bidang Politik dan Keamanan Lodewijk F. Paulus (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua DPR bidang Politik dan Keamanan Lodewijk F. Paulus mengatakan selama lima tahun, seluruh anggota DPR periode 2019-2024 telah melakukan kolaborasi yang sangat bagus. Berkat kolaborasi apik itu, citra DPR RI pun meningkat.

"Kami secara kolektif dan kolegial sudah bekerja sama selama 5 tahun. Alhamdulillah, bukti hari ini menyatakan bahwa kolaborasi kita sangat bagus," ujar Lodewijk usai Rapat Paripurna terakhir DPR periode 2019-2024 di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, (30/9/2024).

"Nah, tolok ukur yang paling gampang yaitu Citra DPR dari lembaga-lembaga pemerintah di survei. Kita sudah nomor urut 6 atau diberi poin 62,12%, sangat tinggi," imbuhnya.

Menurut hasil survei Litbang Kompas pada Juni 2024, kepercayaan masyarakat pada DPR ada di angka 62,6 persen. Hasil survei tersebut menunjukkan adanya kenaikan citra DPR di mana pada Desember 2023, Litbang Kompas mencatat citra positif DPR sebesar 50,5 persen.

Kendati demikian, memang terjadi pasang surut pada citra DPR sejalan dengan dinamika politik yang terjadi.

"Dinamika politik sangat kental apalagi akhir kemarin kita ada pemilu dan Pilkada yang akan segera kita laksanakan, tetapi semuanya itu kita bisa melewati dan tentunya ini tidak lepas dari bantuan rekan-rekan media," jelas Lodewijk.

Meski bulan September ini terjadi penurunan, namun citra DPR mengalami kenaikan cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya. Dari hasil Litbang Kompas Juni lalu, citra positif DPR naik sebesar 12,1% dibanding tahun 2023.

Lodewijk berharap agar tren peningkatan citra DPR tersebut dapat terus dipertahankan pada periode DPR 2024-2029 yang anggotanya akan dilantik esok hari, Selasa (1/10).

"Saya tentu berharap ya, siapapun yang nanti akan memimpin DPR RI, diharapkan bisa menjaga tren ini semakin bagus," ujar legislator dari Dapil Lampung I itu.

Lebih lanjut, Lodewijk berharap 3 fungsi DPR yaitu fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan terhadap eksekutif dapat berjalan dengan baik melalui kolaborasi yang optimal. Ia menegaskan, semua kerja DPR harus mampu mensejahterakan rakyat Indonesia.

Lodewijk juga memohon maaf apabila selama lima tahun terakhir, DPR periode 2019-2024 masih memiliki kekurangan selama menjalankan tugas. Ia pun berharap agar kerja DPR terus dikawal, termasuk oleh media yang memiliki fungsi kontrol.

"Kita sangat membutuhkan bantuan dari rekan-rekan wartawan untuk bagaimana mesosialisasikan apa yang kita teriakan terima kasih," ungkap Lodewijk.

Sebelumnya pada Desember 2023, Litbang Kompas mencatat citra positif DPR sebesar 50,5 persen. Sementara pada Oktober 2022, menurut lembaga yang sama, citra DPR ada di angka 44,4 persen.

Kemudian hasil survei Litbang Kompas pada 27 Mei-2 Juni 2024, kepercayaan masyarakat pada DPR ada di angka 62,6 persen. Meski bukan jadi yang pertama, lembaga wakil rakyat ini tercatat mampu meningkatkan citra positif paling tinggi, yakni sebanyak 12,1 persen dibanding tahun sebelumnya.

Bahkan angka peningkatan citra DPR itu mengalahkan TNI yang berada di urutan pertama. Berdasarkan data tersebut, artinya terdapat tren positif apresiasi masyarakat kepada DPR dari tahun ke tahun.

tag: #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
BANK DKI JACKONE
advertisement
We Stand For Palestinian
advertisement
HUT RI 79 - SOKSI
advertisement
HUT RI 79 - ADIES KADIR
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement