Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Senin, 19 Okt 2015 - 19:32:37 WIB
Bagikan Berita ini :

TNI Tolak Ajakan Cina Latihan Bareng di Wilayah Konflik

42GatotNurmantyo-tscom.jpg
Panglima TNI Gatot Nurmantyo (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menolak terlibat dalam latihan perang bersama dengan negara-negara ASEAN di laut China Selatan. Pasalnya, ajakan latihan perang bersama dilakukan oleh Menteri Pertahanan Cina Chan Wanquan.

Alasannya, Laut Cina Selatan masih menjadi daerah konflik perebutan wilayah antara Jepang, Filipina, Vietnam dan negera-negara tetangga. Sementara Laut Cina Selatan merupakan daerah terpenting untuk jalur perdagangan dunia.

"Pertama, pemerintah Indonesia bertekad untuk wujudkan keamanan dan stabilitas. Kedua, pemerintah mengimbau agar semuanya menghindari untuk tidak laksanakan kegiatan-kegiatan di laut Cina Selatan yang dapatkan tingkatkan tensi stabilitas. Artinya, diajak negara mana pun di Cina Selatan sebaiknya TNI tak laksanakan itu," tegas Gatot di DPR, Jakarta, Senin (19/10/2015).

Selebihnya, Gatot enggan berbicara banyak mengenai kemungkinan strategi Cina untuk meminta dukungan dari negara-negara ASEAN, mengingat semakin menguatnya kepentingan Amerika di wilayah tersebut.

"‎Saya nggak komentar itu tapi kebijakan Panglima TNI adalah untuk mematuhi pemerintah dalam negeri," jelasnya.

Seperti diketahui, Cina ingin menggalang latihan perang bersama dengan negara-negara ASEAN mulai tahun depan. Latihan me liputi imple mentasi aturan tentang pa pasan mendadak, pencarian, dan penye lamatan serta bantuan bencana. Namun, pernyataan itu tidak memberikan perin cian lebih lanjut.

Selama ini Cina mengklaim 95 persen wilayah Laut Cina Selatan adalah miliknya. Sementara itu, Vietnam, Filipina, Malaysia, Taiwan, dan Brunei juga mengklaim mempunyai wilayah di Laut Cina Selatan.
Laut ini menjadi jalur perdagangan utama yang bernilai lima triliun dolar AS per tahunnya.

Beberapa waktu lalu, Amerika Serikat mulai ikut campur dengan dalih menjaga stabilitas Asia. Laporan media mengatakan, AS melakukan operasi patroli untuk kebe basan navigasi di dalam 12 batas mil laut wilayah sengketa Kepulauan Spratly. Barat dan negara sengketa menuduh Cina memiliterisasi pulau buatan tersebut dengan membangun konstruksi militer.

Cina menyangkalnya, mengklaim bahwa pekerjaan konstruksi adalah untuk tujuan sipil. Cina menegaskan bahwa Beijing tidak akan melanggar wilayah perairan dan kebebasan navigasi. Berdasarkan hukum internasional, membangun pulau buatan di terumbu karang tidak memberikan hak untuk mengklaim batas teritorial.(yn)

tag: #tni  #cina  #laut cina selatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement