Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Selasa, 01 Mar 2016 - 19:39:23 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini 10 Provinsi yang Bisa Pantau Gerhana Matahari Total 9 Maret Nanti

4gerhana-matahari-total-bakal-terjadi-di-maluku-utara-hk8AwqX96n.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)
Teropong Juga:

NUNUKAN (TEROPONGSENAYAN) - Badan Meteorolgi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis gerhana matahari total yang berlangsung 9 Maret 2016 terpntau di 10 provinsi di Indonesia.

Kepala BMKG Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Taruna Mona Rahman melalui petugas pengamatan, Muhammad Taufik di Nunukan, Selasa (1/3/2016) menyatakan, berdasarkan data yang diperoleh dari LAPAN gerhana matahari total tersebut berlangsung dari wilayah barat hingga timur pada wilayah yang dilintasi garis equator atau khatulistiwa.

Gerhana matahari total tersebut akan berlangsung mulai pukul 07.30 Wita hingga 08.30 Wita pada 10 provinsi, yakni Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan dan Maluku Utara.

"Jadi hanya 10 provinsi yang terkena gerhana matahari total dan hanya di Indonesia satu-satu negara di dunia yang berlangsung gerhana matahari tersebut karena berada pada garis equator (khatulistiwa)," kata Muhammad Taufik.

Ia menerangkan, gerhana matahari ini terjadi akibat cahaya matahari terhalang oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi. Itu terjadi akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi dan bulan yang berlangsung saat fase bulan baru yang telah dapat diprediksi sebelumnya.

"Gerhana matahari total seperti yang terjadi 9 Maret 2016 nanti memang pernah terjadi juga tahun 1980-an dan baru terjadi lagi tahun ini (2016) yang telah diprediksi sebelumnya," ujarnya. (iy/an)

tag: #gerhana matahari total  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Survei Pilkada Jepara, Simulasi Pasangan Dian-Jadug Berpeluang Menang Besar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 24 Jul 2024
JEPARA (TEROPONGSENAYAN) --Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) menggelar survei sejak 10 - 20 Juli untuk mengukur preferensi masyarakat terhadap tingkat elektabilitas para bakal calon pada Pilkada ...
Berita

Diduga Banyak Tambang Galian C Ilegal di Jabar dan Banten

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kegiatan usaha tambang galian C diduga ilegal makin marak di wilayah Provinsi Jawa Barat dan Banten. Upaya pengambilan tanah dan batuan dilakukan secara ugal-ugalan itu tak ...