Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Jumat, 19 Des 2014 - 15:06:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Jurus PAN Tangkal Perpecahan Internal Partai

66PAN (mulkan).jpg
Logo PAN (Sumber foto : Mulkan Salmun)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Konflik internal yang melanda 2 partai politik (Parpol) di Koalisi Merah Putih, PPP dan Golkar, nampaknya menjadi perhatian serius bagi Parpol lainnya. Salah satunya Partai Amanat Nasional (PAN) yang mempunyai cara tersendiri dalam menjaga soliditas partai.

"Cara PAN menjaga soliditas internal dilakukan melalui komunikasi yang terus menerus, baik secara vertikal maupun horizontal," kata Wakil Ketua Umum PAN Drajad H Wibowo di Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Drajad mengakui di internal partainya memang terdapat perbedaan pandangan dan posisi politik. "Namun PAN memiliki mekanisme baik formal maupun informal untuk menyelesaikannya," ujar dia.

Politisi yang juga ekonom dari institute for development of economics and finance (Indef) itu menegaskan partainya tetap solid menjelang pelaksanaan kongres 2015 sehingga tidak akan ada perpecahan seperti yang terjadi di Partai Golkar dan PPP. "Insya Allah tidak akan terjadi perpecahan, soliditas PAN sangat kuat. Hubungan antar kader terjalin bukan sekedar kepentingan politik," ungkapnya.

Dradjad mengatakan tokoh-tokoh kunci PAN tidak ada satu pun yang rela partainya diacak-acak pihak eksternal. "Jika ada pihak eksternal yang main-main, akan dilawan bersama tokoh-tokoh PAN. Jadi insya Allah tidak ada perpecahan," tandas dia. Selain itu Dradjad menyebutkan pelaksanaan Kongres PAN 2015 akan dilaksanakan pada bulan Maret 2015.

Sebelumnya, Ketua DPP PAN Tjatur Sapto Edy mengungkapkan ada tiga kandidat calon ketua umum PAN periode 2015-2020 yang akan bertarung di Kongres 2015. "Kongres PAN sekitar bulan Maret atau April, yang muncul ada Zulkifli (Hasan), Hatta (Rajasa), dan Dradjad (Wibowo)," kata Tjatur, Selasa (16/12/2014).(ant)

tag: #PAN  #Golkar  #PPP  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
BANK DKI JACKONE
advertisement
We Stand For Palestinian
advertisement
HUT RI 79 - SOKSI
advertisement
HUT RI 79 - ADIES KADIR
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement