Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Kamis, 06 Jul 2017 - 15:57:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Waduh, Sisa Kepemimpinan Jokowi Diperkirakan Bikin Perekonomian Makin Buruk

67rizal-ramli.jpg
Rizal Ramli (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Mantan Menteri Kordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli memperkirakan, dua tahun sisa kepimpinan Presiden Joko Widodo akan membuat perekonomian Indonesia semakin buruk.

"Karena kebijakan (tim ekonomi) hanya bisa memotong anggaran saja mengikuti arahan dari Bank Dunia. Bank Dunia senang dan memuji hal itu," ungkap Rizal saat menggelar halal bihalal di kediamanya, Rabu (05/07/2017).

Dijelaskannya, yang membuat Bank Dunia senang dengan kebijakan tersebut lantaran Indonesia mempunyai duit sisa dari pemotongan anggaran untuk membayar utang kepada mereka.

"Karena pengetatan yang dilakukan untuk memperbanyak tabungan yang bisa digunakan untuk membayar pokok dan bunga utang. Kebijakan ini sangat disambut gembira lembaga kreditor. Tapi di sisi lain membuat daya beli rakyat turun," tandas dia.

Padahal menurut Rizal, ada cara lain yang bisa dilakukan tim ekonomi Jokowi tanpa harus melakukan pemotongan anggaran. Di antaranya mengimplementasikan gagasan nawacita Presiden Jokowi yang sesungguhnya.

"Strategi lain adalah dengan growth story. Pemerintah harus punya kisah-kisah sukses pembangunan. Ini yang paling efektif untuk menambah pendapatan negara," kata dia.

"Dan kalau daerah-daerah dibangun dan dijadikan pusat pertumbuhan ekonomi baru seperti yang pernah dikerjakan. Maka ekonomi akan tumbuh merata, berbagai proyek pembangunan infrastuktur juga bisa dibiayai," tandas dia.(yn)

tag: #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
BANK DKI JACKONE
advertisement
We Stand For Palestinian
advertisement
HUT RI 79 - SOKSI
advertisement
HUT RI 79 - ADIES KADIR
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement