Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 14 Jul 2023 - 11:40:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Bawaslu Usul Pilkada 2024 Ditunda

tscom_news_photo_1689309609.jpeg
Ilustrasi Bawaslu (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengusulkan, pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 ditunda. Bawaslu menilai, potensi permasalahan terbesar dan paling banyak biasanya dalam gelaran pilkada.

Bawaslu menyadari, permasalahan pilkada sering mengalami irisan dengan tahapan dengan Pemilu 2024. “Kami mengusulkan sebaiknya membahas opsi penundaan pemilihan (Pilkada) karena ini pertama kali serentak,” kata Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dalam keterangan persnya, Kamis (13/7/2023).

Bagja pun menyinggung persoalan kesiapan menjaga keamanan dan ketertiban. Belum lagi, soal pemungutan suara Pemilu 2024 hingga pelantikan presiden terpilih.

"Kami khawatir sebenarnya Pemilihan 2024 ini, karena pemungutan suara pada November 2024. Yang mana Oktober, pelantikan presiden baru tentu dengan menteri dan pejabat yang mungkin berganti," ucap Bagja.

Dalam mengidentifikasi permasalahan tersebut, Bagja menegaskan, Bawaslu melakukan upaya pencegahan melalui berbagai bentuk dan jenis strategi. Pencegahan itu, membutuhkan kerja sama lintas instansi, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat luas.

"Kami melakukan identifikasi kerawanan seperti membuat indeks kerawanan pemilu (IKP), melakukan program pendidikan politik. Lalu, memperluas pengawasan partisipatif," ucap Bagja.

Lanjutnya, Bawaslu khawatirkan, tiga aspek permasalahan dalam Pemilu dam Pilkada Serentak 2024. Tiga aspek masalah tersebut, yakni soal penyelenggara, peserta pemilu, dan pemilih.

"Beberapa masalah meliputi pemutakhiran data pemilih, pengadaan dan distribusi logistik pemilu seperti surat suara. Atau beban kerja penyelenggara pemilu yang terlalu tinggi," katanya.

tag: #bawaslu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Produksi Minyak Nasional Terus Turun, Komisi VII DPR Minta Evaluasi menyeluruh SKK Migas

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin menilai kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto kinerjanya tidak ...
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...