Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 01 Okt 2024 - 18:51:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Puan Soal Arah Legislasi DPR: Harus Berkualitas dan Dengarkan Aspirasi Masyarakat

tscom_news_photo_1727783514.jpg
Puan Maharani (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Puan Maharani resmi dilantik kembali sebagai anggota DPR RI. Untuk periode DPR tahun 2024-2029, Puan pun menegaskan pentingnya membangun legislasi yang berkualitas.

“Bagaimana kemudian kita membangun legislasi yang memang berkualitas, tidak perlu muluk-muluk atau terlalu banyak,” kata Puan saat dimintai tanggapan terkait arah legislasi DPR untuk 5 tahun ke depan usai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Jakarta Timur, Selasa (1/10/2024).

Meski begitu, Puan menekankan bahwa produk legislasi atau undang-undang bukan hanya dibuat oleh DPR, tapi juga bersama pemerintah.

“Jadi sinergitas antara keduanya (DPR dan Pemerintah) itu memang harus terbangun,” ungkap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Dalam membuat legislasi, Puan menyebut hal yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah mendengarkan aspirasi masyarakat. Sebab produk legislasi dibuat untuk kepastian hukum demi menjamin kepentingan rakyat dan negara.

“Dan yang paling penting mendengarkan aspirasi dan masukan dari masyarakat yang sangat penting untuk dilakukan dengan mekanisme yang baik,” jelas Puan.

“Sehingga produk dari legislasi tersebut akan bermanfaat untuk rakyat dan bangsa dan negara,” sambungnya.

Puan juga berharap anggota DPR periode ini semakin lebih produktif bekerja dalam membangun Indonesia. Tentunya, upaya tersebut memerlukan kolaborasi antara DPR dengan Pemerintah sebagai mitra kerja.

“Bagaimana ke depannya itu sinergi antara eksekutif dan legislatif itu harus tetap dijaga untuk sama-sama membangun Indonesia ke depan,” ucap Puan.

Menurut Ketua DPR RI periode 2019-2024 itu, hal tersebut penting pada masa transisi pemerintahan saat ini. Puan mengatakan, sinergi bersama pemerintah yang akan datang sudah mulai dilakukan oleh DPR sejak dini.

“Tentu saja kita harus tetap selalu berkomunikasi untuk membangun komunikasi yang baik yang nantinya harus terbangun pasca 20 Oktober (pelantikan presiden),” sebut cucu Bung Karno itu.

Puan juga menegaskan hubungan DPR dengan pemerintah sudah terjalin dengan baik selama 10 tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Meski terkadang ada dinamika, termasuk antara fraksi di DPR, namun pada akhirnya selalu ditemukan titik temu.

“Jadi ke depannya kami berharap bahwa hubungan itu bisa tetap terbangun dinamis, konstruktif namun tetap menjaga harmoni,” ujar Puan.

Seperti diketahui, sebanyak 580 anggota DPR periode 2024-2029 resmi dilantik hari ini. Mayoritas diisi oleh wajah lama, ratusan legislator ini akan melaksanakan fungsi legislasi, pengawasan, budgeting, hingga diplomasi parlemen.

tag: #puan-maharani  #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
BANK DKI JACKONE
advertisement
We Stand For Palestinian
advertisement
HUT RI 79 - SOKSI
advertisement
HUT RI 79 - ADIES KADIR
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement