Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Senin, 10 Agu 2015 - 12:52:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Beredar Dokumen KIR Sebut Bus Scania Bermasalah

49scania_2.jpg
Bus Scania Transjakarta (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Dua puluh unit bus merek Scania asal Swedia yang dibeli Pemerintah Provinsi DKI dianggap bermasalah dengan beredarnya dokumen KIR yang menyebutkan bus ini hanya bisa mengangkut 39 penumpang.

Menanggapi hal ini, Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) menduga akibat banyak pihak yang sakit hati karena mengganti pemimpin Dinas Perhubungan bukan dari kalangan transportasi.

“Bayangkan, sekarang mereka dipimpin pejabat yang bukan dari Dinas Perhubungan, lalu yang pernah sekolah transportasi pasti sekarang gigit jari,” kata Ahok, Senin (10/8/2015).

Ahok berkeyakinan, mencuatnya kabar bus Scania bermasalah karena ia mengganti Benjamin Bukit dengan Andri Yansah sebagai pemimpin Dinas Perhubungan DKI. Sebelumnya, Andri merupakan Sekretaris Kota Jakarta Timur. Andri tidak memiliki latar belakang sekolah transportasi.

Sementara itu, dokumen KIR juga menyebutkan berat bus Scania mencapai 26 ton, dengan berat kosong 19,3 ton. Bila selisih berat itu dibagi dengan rata-rata berat penumpang 60 kilogram, bus Scania bisa mengangkut 111 penumpang.

Untuk menyelidiki hal ini, Ahok mengaku telah mengirimkan tim dan mencari siapa yang bertanggung jawab atas pengujian dan pencatatan bus yang berbanderol Rp 4,45 miliar per unit ini.

“Saya mau tahu pejabat di Balai Uji KIR ini orang lama atau baru,” pungkas Ahok. (mnx)

tag: #Jakarta  #Ahok  #transjakarta  #bus scania  #dokumen KIR  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
BANK DKI JACKONE
advertisement
We Stand For Palestinian
advertisement
HUT RI 79 - SOKSI
advertisement
HUT RI 79 - ADIES KADIR
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...