Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 26 Jun 2020 - 07:57:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Pilkada di Tengah Pandemi, Adnan Purichta Minta Peran Pemuda Dilibatkan

tscom_news_photo_1593133045.jpg
Ketua DPP KNPI Bidang Hubungan Dalam Negeri Adnan Purichta Ihsan Yasin Limpo (Sumber foto : Dokumen)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPP KNPI Bidang Hubungan Dalam Negeri
Adnan Purichta Ihsan Yasin Limpo mengatakan bahwa peran Pemuda dalam pelaksanaan pilkada tahun 2020 di tengah pandemi ini menjadi sangat strategis dan sangat penting. Kondisi Pandemi covid-19 membuat pelaksanaan pilkada diselenggarakan tidak sepertinya biasanya.

“Karena Covid-19 maka pelaksanaan pilkada berbeda, kampanye terbuka dengan konvoi massa akan dihindari, maka sebagai besar tahapan pilkada ini akan dilaksanakan melalui media online. Peran pemuda selaku generasi milenial yang melek dengan tekhnologi informasi menjadi sangat setrategis, mereka dapat melakukan peran edukasi tentang pelaksanaan pilkada berdasarkan standar protokoler kesehatan melaui giat-giat kreatif disosial media. Potensi ini tentu sangat strategis untuk diberdayaan oleh pemerintah," kata Adnan dalam web seminar dengan tema “ Peran Pemuda dan Antisipasi Resiko Pilkada 2020 Di Tengah Pandemi, Kamis (25/6/2020).

Selanjutnya, kata ia, pemuda juga dapat mengambil peran langsung dengan bergabung sebagai penyelenggara pilkada seperti bergabung sebagai KPPS, Pemantau atau Saksi.

"Yang terpenting adalah pemuda, jangan sampai ternina bobokan dengan zona nyaman, sehingga dengan alasan situasi covid-19 pemuda lebih memilih berdiam diri ketimbang terjun mengawal kualitas demokrasi dan keselematan rakyat," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Bapak I Dewa kade wiarsa selaku komisioner KPU RI menyatakan bahwa Pilkada serentak tahun 2020 akan dilaksanakana pada tanggal 09 Desember 2020, menurut beliau, prosesnya tentu akan ada perbedaan dengan pilkada sebelumnya.

"Dengan kondisi yang berbeda maka beberapa persiapan tahapan pelaksanaan pilkada di tengah pandemic ini tengah berjalan salah satunya dengan mempersiapkan rancangan peraturan KPU tentang pelaksanaan Pilkada di dalam kondisi bencana non alam Covid-19," terangnya.

Sementara, menurut Maria Ivone selaku Ditjen Otonomo Daerah bahwa dalam hal pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 yang aman dan demokratis Kemendagri sudah sangat intens melakukan koordinasi dengan kolaborasi berbagai pihak seperti Arsada, Persi, Adinkes.

"Olehnya itu, pada kesempatan kali ini saya mengajak kolaborasi dan kontribusi pemuda Indonesia dalam hal ini KNPI untuk membantu kesuksesan pikada tahun 2020. Indikator kesuksesan Pilkada nantinya adalah pada partisipasi pemilih dan tidak adanya laporan resmi bahwa masyarakat terdampak covid-19 akibat pelaksanaan pilkada," paparnya.

tag: #knpi  #pilkada-2020  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement