Oleh Alfin Pulungan pada hari Senin, 14 Sep 2020 - 11:43:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Dewan Pakar PKPI Sebut MUI Sama dengan LSM, Guspardi: Ngawur dan Salah Kaprah!

tscom_news_photo_1600058383.jpeg
Anggota Komisi II DPR Fraksi PAN, Guspardi Gaus (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Anggota DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Guspardi Gaus, merasa terkejut dengan penyataan yang menyebut lembaga Majelis Ulama Indonesia (MUI) sama seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Pernyataan itu dilontarkan Dewan Pakar Partai Keadilan dan Persatuan Indonesi (PKPI) Teddy Gusnaidi melalui akun Twitter resmi miliknya @TeddyGusnaidi, Jumat 11 September 2020.

"Agaknya orang ini tidak paham dengan MUI, atau dia berkomentar seperti ini sengaja untuk mencari sensasi agar menjadi perhatian publik atau paling tidak komentarnya bisa jadi ajang polemik sehingga menjadi buah bibir di tengah masyarakat," kata Guspardi dalam keterangan tertulis, Senin, 14 September 2020.

Anggota Komisi II DPR ini mempertanyakatan motif Teddy dibalik pernyataan congkak tersebut. Guspardi menegaskan bahwa MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendekiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di Indonesia.

Lembaga yang sampai hari ini masih dipimpin oleh Wakil Presiden RI, Prof. KH Ma"ruf Amin itu dalam menjalankan tugas dan fungsinya dibantu oleh oleh 12 komisi dan 10 badan/lembaga. Majlis Ulama Indonesia (MUI) memberikan kepercayaan dan amanah didalam lembaga ini kepada cendikiawan muslim, dan para tokoh yang berasal dari Ormas Islam dan Perguruan Tinggi.

"Mereka sangat berkompeten dan mempunyai tingkat keilmuan yang tinggi. Latar belakang pendidikannya pun beragam dari berbagai disiplin ilmu baik dari universitas dalam negeri maupun universitas luar negeri," jelas Mantan Akademisi UIN Imam Bonjol Padang ini.

Pernyataan yang menyamakan MUI dengan LSM ditambah lagi dengan menyebut pengurusnya belum tentu ulama, kata Guspardi, jelas sebuah penyataan yang sangat tendensius dan melecehkan lembaga MUI.

"Untuk itu saya menghimbau kepada MUI untuk dapat meminta klarifikasi orang bersangkutan. Karena menurut saya apa yang telah dinyatakannya itu ngawur dan salah kaprah," tegas anggota Badan Legislasi DPR ini.

Teddy Gusnaidi


Sebelumnya, dewan pakar PKPI Teddy Gusnaidi melontarkan pernyataan pedas dan menyudutkan lembaga MUI Twitter resmi miliknya @TeddyGusnaidi, pada Jumat 11 September 2020 lalu.

Teddy membuat heboh publik dengan menyebut MUI sebagai lembaga yang tak jauh berbeda dengan LSM.

"MUI itu LSM, sama seperti LSM lainnya, gak ada bedanya. MUI itu cuma LSM urusan ulama, tapi pengurusnya belum tentu ulama. Sama seperti LSM urusan hewan, apakah pengurusnya laler dan kecoa? Gak kan?," katanya.

tag: #mui  #pkpi  #teddy-gusnaidi  #guspardi-gaus  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...