Oleh Rihad pada hari Selasa, 03 Nov 2020 - 22:26:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemilu AS, Survey Ramalkan Biden Menang

tscom_news_photo_1604417191.jpeg
Donald Trump dan Joe Biden (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Selasa, 3 November 2020 atau Rabu, 4 November waktu Indonesia, rakyat Amerika Serikat mengikuti Pemilihan Presiden. Dua kandidat yang bertarung adalah calon Partai Republik, Donald Trump, dan kandidat dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Dari hasil Polling sementara, Joe Biden mengungguli Trump dengan selisih yang cukup signifikan. Dari survey yang dihimpun NBCnews, Biden Unggul 51.5 persen meninggalkan Trump yang mendapatkan 44.4 persen saja. Sejauh ini, Biden hampir unggul di banyak negara bagian. Trump hanya unggul di beberapa negara bagian saja seperti Iowa dan Kentucky.

Pada Pilpres AS 2016, Donald Trump dinyatakan sebagai pemenang. Ia sudah meraup lebih dari 270 suara Electoral College, jumlah suara minimal yang dia butuhkan.

Warga Amerika Serikat tidak memilih secara langsung siapa yang mereka inginkan menjadi presiden dan wakil presiden. Mereka memilih elector, yaitu anggota Electoral College -yang mendukung pilihan calon mereka.

Pemberian suara oleh warga disebut popular vote, sedangkan pemberian suara oleh elector disebut electoral vote. Pada Pilpres AS 2016, Hillary Clinton disebut meraih popular vote. Akan tetapi, ia tetap kalah karena tidak mampu meraih 270 Electoral College.

Setiap negara bagian memiliki jumlah pemilih tergantung pada populasinya. Sebagai contoh, California, yang memiliki populasi hampir 40 juta, memiliki 55 suara di Electoral College. Sedangkan North Dakota yang dihuni sekitar 762 ribu orang, hanya memiliki 3 suara.

Total ada 538 Electoral College yang terdiri atas 435 perwakilan dari Kongres, 100 senator, dan 3 pemilih tambahan dari District of Columbia.

Sebagian besar negara bagian menjalankan sistem pemenang mendapatkan semua (winner-takes-all system). Jika seorang kandidat memenangkan suara terbanyak di suatu negara bagian, mereka mendapatkan semua suara dari Electoral College.

Oleh karena itu, kandidat presiden yang pertama mendapatkan 270 suara dari Electoral College keluar sebagai pemenang.

Pengecualian terjadi di Maine dan Nebraska. Maine memiliki empat Electoral - dua diberikan kepada pemenang suara di seluruh negara bagian, dan masing-masing satu suara diberikan kepada pemenang di masing-masing dari dua distrik kongresnya.

Nebraska memiliki lima suara. Dua diberikan kepada pemenang di seluruh negara bagian dan masing-masing satu untuk tiga distrik kongres.

tag: #amerika-serikat  #pemilu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement