Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 10 Jan 2022 - 21:32:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Budayawan Kidung Tirto Apresiasi Formasi Baru Pejabat Eselon I Kejaksaan Agung

tscom_news_photo_1641825136.jpg
Jaksa Agung (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ucapan selamat dan apresiasi dari sejumlah kalangan mengalir ke Kejaksaan Agung atas pelantikan Wakil Jaksa Agung Dr Sunarta SH MH dan sejumlah Jaksa Agung Muda (JAM) oleh Jaksa Agung ST Burhanuddin pada Senin (10/1/2022).

Salah satu ucapan datang dari budayawan Kidung Tirto Suryo Kusumo. Di sela-sela perjalanan spiritualisnya ke Gunung Semeru dan Gunung Arjuna di Jawa Timur, Kidung Tirto menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan para pejabat Eselon 1 di Korps Adhyaksa tersebut.

“Selamat kepada Dr Sunarta SH MH sebagai Wakil Jaksa Agung yang baru. Semoga sukses dan amanah dalam mengemban kepercayaan dari Jaksa Agung Burhanuddin dan Presiden Joko Widodo,” ujarnya, Senin (10/1/2022).

Kidung Tirto juga menyampaikan selamat kepada tiga JAM yang dilantik Jaksa Agung, yakni Dr. Amir Yanto sebagai Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel), Dr. Febrie Adriansyah sebagai JAM Pidana Khusus (Jampidsus), dan Dr. Ali Mukartono sebagai JAM Pengawasan (Jamwas).

Menurut dia, Presiden dan Jaksa Agung telah memilih sosok yang tepat untuk menduduki jabatan Wakil Jaksa Agung dan JAM serta berdasarkan pertimbangan objektif serta memperhatikan berbagai aspek, baik prestasi, dedikasi, loyalitas maupun integritas.

“Para pejabat tersebut memiliki kapasitas dan kapabilitas yang tidak sudah diragukan lagi, terbukti dari kinerja dan prestasi yang mereka capai selama ini,” kata Kidung Tirto.

Namun, dia mengingatkan bahwa tugas dan tanggung jawab sebagai Wakil Jaksa Agung dan JAM tidaklah ringan sehingga dibutuhkan kesungguhan, kerja keras, serta keikhlasan mengabgi bagi bangsa dan negara. "Mereka sekaligus menjadi teladan dan motivasi bagi jajaran Kejaksaan dalam menjaga marwah Adhyaksa," ungkapnya.

Dengan formasi pimpinan saat ini, Kidung Tirto optimistis internal Kejaksaan akan semakin solid dan bisa bersinergi lebih baik lagi dengan instansi/lembaga lainnya. Menurut dia, soliditas dan sinergitas sangat dibutuhkan dalam menegakkan hukum di tengah tantangan yang semakin kompleks.

Dia juga mengingatkan beberapa isu yang harus dituntaskan oleh jajaran pimpinan Kejaksaan, antara lain perintah Jaksa Agung untuk memberantas mafia tanah, mafia pelabuhan dan bandara, serta mafia pupuk bersubsidi. Selain itu, penanganan kasus korupsi, penuntasan kasus pelanggaran HAM berat, dan reformasi birokrasi Kejaksaan.

Sebelumnya, Jaksa Agung ST Burhanuddin mengambil sumpah dan melantik Wakil Jaksa Agung, Jamintel, Jampidsus, dan Jamwas di Auditorium Lantai 10 Gedung Menara Kartika Adhyaksa Kejaksaan Agung, Senin (10/1/2022) pagi.

Pengambilan sumpah, pelantikan, dan serah terima jabatan Eselon I itu berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 180/TPA Tahun 2021 tanggal 31 Desember 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kejaksaan Agung RI, serta Surat Keppres No. 181/TPA Tahun 2021 tanggal 31 Desember 2021 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kejaksaan Agung RI.

tag: #jaksa-agung  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Selamat HUT RI ke77 - Ahmad Najib
advertisement